Mengenal Perbedaan Bangun Datar dan Bangun Ruang


Bila rekan baru belaja mengenai bangun datar dan bangun ruang, maka sebenarnya bangun datar dan bangun ruang mempunyai perbedaan dalam segi bentuk. yang mana pada bangun datar terbentuk dari dua dimensi sedangkan pada bangun ruang terbentuk dari tiga dimensi. Maksud dari dua dimensi (2dimensi) pada bangun datar matematika adalah panjang dan lebar. sedangkan yang dimaksud dari pengertian dari 3 dimensi bangun ruang adalah panjang, lebar dan tinggi. Sebenarnya bila kita perhatikan secara sederhana pada bangun datar (dua dimensi) itu hanya mempunyai permukaan saja, sedangkan pada bangun ruang terdapat volume atau isi.

Dalam penyusunannya, bangun ruang terdiri dari beberapa bangun-bangun datar. misal dalam bangun balok terdiri dari bangun datar persegi dan persegi panjang. contoh lain pada kubus. Kubus dibentuk dari 6 buah persegi yang berbentuk dua dimensi. 


Sedangkan untuk mengetahui rumus-rumus bangun ruang biasanya adalah hasil pengembangan dari rumus pada bangun datar. misal ; jika rumus luas persegi adalah sisi x sisi, maka volume pada kubus adalah sisi x sisi x sisi. dan banyak contoh lain yang pada intinya rumus bangun ruang biasanya adalah kombinasi dari rumus bangun datar.

Bangun yang termasuk ke dalam bangun datar ialah ; lingkarang, persegi, persegi panjang, segitiga, jajar genjang, trapesium, layang-layang, belah ketupat.

Bangun yang termasuk ke dalam bangun ruang ialah ; Bola , Prisma, Kerucut, Tabung, Kubus dan Balok.

Terkait Matematika Materi SD Lihat Juga

Mengenal Perbedaan Bangun Datar dan Bangun Ruang
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email

2 comments

November 10, 2015 at 10:16 AM delete

Bangun ruanga adalah materi favorit sewaktu SMP soalnya menantang banget. Dan soal bangun ruang ini yang membuat saya gagal mendapat nilai sempurna di UAN matematika. Bukan karena susah, memang saya orangnya kurang teliti. Hehehe

Reply
avatar
November 20, 2015 at 8:28 AM delete

@Sidiq Nur Widayan : Ya memang seperti itulah bangun ruang sob, butuh ketilitian lebih dalam mengerjakan soal-soal bangun ruang...
Mungkin di lain waktu saya perlu mempublish artikel contoh soal bangun ruang ya

Reply
avatar