Metodhe Pengumpulan Data


Pengertian metode pengumpulan data menurut ahli itu sendiri adalah metode pengumpulan data berupa suatu pernyataan (statement) tentang sifat, keadaan, kegiatan tertentu dan sejenisnya. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian (Gulo, 2002 : 110). Metode pengumpulan data ini termasuk kategori laporan diri / Deskripsi diri. Individu melaporkan tentang keadaan dirinya berdasarkan pertanyaan atau perintah yang diberikan kepadanya.

Adapun dalam metodhe pengumpulan data, terdapat dua sumber data dan metode pengumpulan data, dua hal tersebut adalah :
1) Data Primer
Data penelitian yang diperoleh sendiri melalui berbagai cara yang di antaranya melalui :

  • Wawancara, Observasi, Tes
  • Kuesioner (Daftar Pertanyaan)
  • Percobaan Laboratorium
  • Pengukuran Fisik

2) Data Sekunder
Data yang diperoleh dari sumber kedua, dokumentasi lembaga seperti melalui :

  • Biro Pusat Statistik (BPS)
  • Lembaga atau institusi
  • Rumah sakit
  • Instansi pemerintahan
  • dan sumber lainnya

Metode Pengumpulan Data
Metodhe pengumpulan data itu sendiri dapat di jelaskan dalam beberapa hal berikut :
1. Kuesioner
Kuesioner adalah daftar pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada responden. Jawaban responden atas semua pertanyaan dalam kuesioner kemudian dicatat/direkam
2. Observasi
Pengamatan melibatkan semua indera (penglihatan, pendengaran, penciuman, pembau, perasa). Pencatatan hasil dapat dilakukan dengan bantuan alat rekam elektronik
3. Wawancara
Pengambilan data melalui wawancara /secara lisan langsung dengan sumberdatanya, baik melalui tatap muka atau lewat telephone, teleconference. Jawaban responden direkam dan dirangkum sendiri oleh peneliti.
4. Dokumen
Pengambilan data melalui dokumen tertulis mamupun elektronik dari lembaga/institusi. Dokumen diperlukan untuk mendukung kelengkapan data yang lain.
Dalam pengumpulan data penelitian membutuhkan suatu instrumen. Instrumen ini dibutuhkan untuk pengambilan data untuk penelitian baik penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian adalah alat atau fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah dan hasilnya lebih baik dalam arti lebih cermat, lengkap, dan sistematis sehingga lebih mudah diolah menjadi data yang di inginkan.

Terkait Materi Kuliah Lihat Juga

Metodhe Pengumpulan Data
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email