Pengertian Wirausaha dan Tips Wirausaha

Pengertian Wirausaha dan Tips Wirausaha perlu anda pahami sebelum melangkah lebih jauh menjadi wirausahawan, karena jika anda sudah siap untuk menjadi seorang wirausahawan berarti juga sudah siap untuk mendapatkan resiko dan tantangan yang harus dihadapi. Maka dari itu setidaknya anda harus tahu mengenai pengertian wirausaha dan tips perilaku wirausaha itu sendiri.

Pengertian Wirausaha
Wira = sifat berani, perwira
usaha = kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud
        (Kamus Besar Bahasa Indonesia, Depdikbud, Balai pustaka 1990, Jakarta)
Jadi wirausaha adalah orang yang berani berusaha melalui kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran untuk mencapai tujuan dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan. Untuk itu diperlukan perilaku disiplin, berkomitmen tinggi, jujur, berfikir kreatif, inovatif dan mandiri dan realistis

Tips Wirausaha
Untuk menjadi wirausahawan yang sukses tidaklah perkara mudah, karena bisnis tetaplah bisnis semuanya butuh pengorbanan dan kerja keras di awal merintis usaha, itu pasti. Nah agar sukses menjadi wirausaha setidaknya seorang wirausahawan harus mempunyai perilaku seperti berikut :
1. Berkomitmen tinggi
Berkomitmen yaitu menepati dengan tekad yang bulat untuk mencurahkan perhatian pada usaha  telah disepakati bersama.
Contoh sikap berkomitmen tinggi, walaupun dagangannya laris manis, dia tidak meninggakan toko, tanpa harus menutup tokonya (ia menyerahkan kepada orang kepercayaan), untuk menemui pelanggan/klien lain sesuai perjanjianya

2. Keatif dan inovatif
kemampuan kreatif adalah kemampuan untuk berpikir  dan pengembangan ide atau gagasan baru/berbeda yang lebih baik dalam mengerjakan sesuatu.
Kemampuan kreatif tidak dimaksudkan harus selalu menghasilkan sesuatu yang baru, tetapi lebih pada optimalisasi potensi dasar setiap manusia untuk selalu memikirkan atau mendapatkan yang lebih baik dari yang dilihat, dirasakan atau dikerjakannya.
Kata kunci yang menyertai kemampuan inovatif adalah kemampuan untuk  mendapatkan nilai tambah dan berbeda. Ketidakpuasan seseorang terhadap situasi tertentu, kondisi (fungsi, bentuk, keindahan) benda tertentu, mendorong seseorang memikirkan dan mencari sesuatu yang baru yang diyakini memiliki nilai tambah tertentu bila dibandingkan dengan situasi atau kondisi sebelumnya.

3. Dapat bertindak didiplin
Disiplin artinya bertindak tepat dan benar sesuai dengan apa yang telah direncanakan. contohnya,  disiplin waktu, apabila dia menjanjikan pertemuan jam 07.00, maka sebelum  jam tersebut, minimal 15 menit sebelumnya telah hadir di tempat tersebut.

4. Mandiri dan Realistis
Mandiri adalah orang yang tidak tergantung pada orang lain, berani melaksanakan ide dan gagasannya  yang telah direncanakan dengan matang.

5. Berperilaku jujur
Kejujuran akan menghasilkan pengakuan (recognition) bagi seseorang, yang pada gilirannya dapat ikut menumbuhkan rasa percaya diri (self confidence) pada diri yang bersangkutan. Rasa percaya diri membangkitkan keyakinan yang kuat terhadap kemampuan yang dimiliki untuk berhasil dan berprestasi
Contohnya :
Kejujuran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan seseorang dalam pekerjaannya. Seorang mekanik otomotif akan memperoleh pengakuan dari pelanggan, karena mengganti suku cadang yang memang harus diganti dan menggantinya dengan suku cadang yang dikehendaki pelanggan. Melalui sikap jujur mekanik otomotif ini telah menerapkan strategi promosi yang berbasis kepada mutu (kepuasan pelanggan). Akibatnya bengkel akan dapat mendapatkan banyak pelanggan baru yang akan meningkatkan omset pendapatan.

Terkait Materi SMK/SMA Lihat Juga

Pengertian Wirausaha dan Tips Wirausaha
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email