Cara Cek Verikasi PTK / Data Guru Melalui Internet Terbaru

Cara Cek Verikasi PTK / Data Guru Melalui Online di P2TK Dikdas Terbaru ~ Pemerintah Indonesia melalui P2TK Dikdas mulai tahun 2013 menerbitkan  SK Tunjangan Profesi (SK TP) atau juga dikenal dengan SK Dirjen akan didasarkan pada Data Pokok Kependidikan (DAPODIK) yang ada di Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (DIREKTORAT P2TK DIKDAS) dimana data guru atau Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) ini diinput dan dikirim sendiri oleh sekolahan masing-masing melalui Aplikasi Pendataan Pendidikan ke server pusat DAPODIK secara online setelah melalui proses sinkronisasi.

Didalam sistem DAPODIK data yang di inputkan (data guru/PTK) harus benar-benar valid, karena jika data yang di inputkan di sistem DAPODIK ternyata salah maka akan berpengaruh pada sertifikat pendidik yang nantinya akan terancam pencairan dana tunjangan sertifikasi yang gagal diterima PTK/guru. Oleh karena itu perlu di pastikan terlebih dahulu data yang di kirim melalui program DAPODIK sudah benar adanya dan di cek verifikasi data guru /PTK melalui online di P2TK Dikdas.

Dengan begitu  pihak guru atau PTK harus mempunyai peran aktif dalam mencari informasi terkait profesinya sebagai penerima tunjangan profesi yang bisa di cek datanya melalui online. salah satu contohnya sering-sering memantau informasi terkait di website dinas pendidikan,selain itu juga bisa mencari info di Dinas Pendidikan setempat.

Cara Cek Verikasi PTK / Data Guru Melalui Online di P2TK Dikdas Terbaru
Jika anda masih ragu mengenai data yang di kirimkan operator sekolah melalui aplikasi DAPODIK, alangkah baiknya untuk mengecek verifikasi data guru / PTK melalui online yang sudah di sediakan P2TK Dikdas untuk para calon penerima tunjangan sertifikasi. Adapun caranya silahkan simak berikut ini :

1. Pertama, silahkan kunjungi salah satu laman P2TK Dikdas dibawah ini
http://223.27.144.195:8086/index.php (new)
http://223.27.144.195:8086/ (new)
http://223.27.144.195:8085/ (new)
http://223.27.144.195:8081/ (new)
http://223.27.144.195:8084/ (new)
http://223.27.144.195/info.php
http://223.27.144.195:8081/info.php
http://223.27.144.195:8082/info.php
http://223.27.144.195:8083/info.php

# Kunjungi salah satu laman diatas, dan jika gagal coba yang satunya (hal ini dikarenakan banyaknya yang mengakses laman tersebut, sehingga server sering mengalami error/gagal akses)

2. Jika berhasil maka akan muncul tampilan kurang lebih seperti ini
cek verifikasi data guru PTK melalui online di diknas

3. Silahkan SUBMIT/Login untuk melihat data guru di P2TK Dikdas, menggunakan NUPTK dan password, adapun untuk password formatnyaYYYYMMDD. Misal: jika tanggal lahir Anda 15 Maret 1977 passwordnya: 19770315, lalu klik tombol SUBMIT

4. Tunggu beberapa saat hingga proses LOGIN selesai, dan jika berhasil maka akan tampil rincian data PTK / Data guru yang bersangkutan.
Namun bila gagal login ada beberapa kemungkinan yang bisa di sebabkan :
a) Kolom NUPTK belum diisi pada data DAPODIK Anda
b) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik.
c) Data DAPODIK belum ter-import ke basis data.
d) Gangguan server, karena mungkin yang sedang mengakses server terlalu banyak sehingga server mengalami overload.

Dan apabila terjadi kesalahan pada data guru atau PTK, Anda bisa mengubahnya lewat Aplikasi Pendataan DAPODIK yang ada di masing-masing sekolah bersangkutan melalui operator (OPS) dan dikirimkan kembali ke server pusat DAPODIK setelah melalui proses sinkronisasi.

Catatan Tambahan : Untuk mengakses salah satu laman website diatas memang perlu kesabaran, karena mungkin server pendataan P2TK yang digunakan untuk cek verifikasi data guru / PTK melalui online sedang banyak yang menggunakan/mengakses sehingga mengakibatkan server sering down/error. Disarankan untuk mengaksesnya di jam-jam tertentu semisal diluar jam kerja/dimalam hari, namun berdasarkan pengamatan penulis akhir-akhir ini untuk cek verifikasi data PTK maupun cek SKTP PTK 2014 ini untuk mengaksesnya sudah lancar, dan ada menu tambahan sesuai semester dan tahun ajarannya.

Terkait DAPODIK Dinas Pendidikan PTK Tunjangan Guru Lihat Juga

Cara Cek Verikasi PTK / Data Guru Melalui Internet Terbaru
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email