Kenali Penyebab Jerawat pada Bayi

Kenali Penyebab Jerawat pada Bayi - Mungkin Anda sebagai orangtua akan merasa cemas bila melihat munculnya jerawat pada wajah bayi Anda. Acne neonatorun atau jerawat bayi adalah kondisi munculnya jerawat pada kulit bayi. Kondisi ini biasanya dialami oleh 20% dari bayi yang baru lahir.
Jerawat muncul pada saat bayi Anda lahir dan biasanya muncul sekita 2 hingga 4 minggu pascakelahiran. Jerawat ini umumnya muncul di daerah wajah, sekitar leher, tubuh bagian belakang, dan bahkan juga muncul pada bagian lengan bayi. Lalu, apa yang menjadikan jerawat ini muncul pada seorang bayi? Berikut, kami akan mengulas bahasan mengenai Kenali Penyebab Jerawat pada Bayi. Namun, sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu menegnai gejala-gejala munculnya jerawat pada bayi.

Gejala Munculnya Jerawat
Gejala munculnya jerawat pada bayi ditandai dengan jerawat yang akan berubah menjadi ruam berbentuk jerawat kecil dan berwarna kemerahan. Kadang-kadang jerawat yang muncul berbentuk white head Acne. Ketika bayi merasa sangat kepanasan dan dalam kondisi marah jerawat ini akan muncul. Akan tetapi ada kalanya jerawat ini tidak nampak sama sekali. Jerawat pada wajah bayi akan hilang sendirinya dalam kurun waktu 4 bulan dan tidak meninggalkan bekas. 

Penyebab Bayi Berjerawat

1. Hormon
Penyebab jerawat bayi yaitu berubahnya hormon yang pada tubuh bayi hingga berpengaruh pada kerja kelenjar minyak di dalam kulit bayi. Pada tahap akhir masa kehamilan, melalui plasenta hormon sang ibu bisa memasuki area tubuh bayi. Penyebab utama dalam timbulnya jerawat pada bayi yaitu hormon andrenal androgen yang mempengaruhi jerawat bayi masih dalam kandungan melewati plasenta.

Selain melalui plasenta tersebut, hormon yang terdapat dalam diri ibu juga dapat masuk melalui ASI yang diberikan kepada bayi. Hormon yang diperkenalkan pada tubuh bayi akan mempengaruhi perubahan hormonal tubuh bayi tersebut, sehingga menstimulasi kelenjar minyak dan akhirnya memicu tumbuhnya jerawat pada bayi.

2. Obat-obatan
Selain dari faktor hormonal, penyebab tumbuhnya jerawat pada bayi yaitu obat-obatan yang dikonsumsi oleh sang ibu menyusui ataupun obat-obatan milik bayi itu sendiri, seperti steroid baik oral ataupun topikal, anti depresean atau obat kontrasepsi.

Itulah artikel tentang Penyebab Jerawat pada Bayi yang dapat disampaikan. Pada dasarnya jerawat bayi tidak harus diobati. Dibutuhkan waktu beberapa bulan agar jerawat tersebut hilang dengan sendirinya. Kecuali bila terlihat tanda-tanda jerawat yang semakin parah, maka konsultasikan pada dokter anak untuk memberikan penanganan lebih lanjut.

Terkait Merawat Bayi Parenting Penyebab Jerawat Lihat Juga

Kenali Penyebab Jerawat pada Bayi
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email