Teknik Belajar untuk Meningkatkan Cara Belajar Efektif Anak

Teknik Belajar untuk Meningkatkan Cara Belajar Efektif Anak ~ Hampir semua sekolah di tanah air menetapkan target pendidikan berdasarkan kurikulum tanpa mengajarkan bagaimana cara belajar yang efektif. Proses belajar akhirnya menjadi kegiatan yang menekan bagi anak. Mengubahnya tidak saja membutuhkan biaya besar tapi juga waktu yang lama. Lalu bagaimana agar anak bisa belajar secara efektif, gembira, dan bebas stres? Peluang inilah yang ditangkap beberapa lembaga pendidikan dengan mengadakan semacam kursus mengenai cara belajar efektif. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan disampaikan mengenai Tempat-Tempat Belajar untuk Meningkatkan Cara Belajar Efektif yang akan diulas lebih dalam.

Universal Megabrain Center (UMC)
Teknik Megabrain (MT) adalah suatu teknik belajar yang menggabungkan aktivitas intelektual otak kiri dan kanan pada proses belajar sehingga didapatkan sinergi kerja otak yang meningkatkan kemampuan belajar.

"Banyak anak-anak yang mengalami kesulitan belajar, terutama menghafal. Padahal menjadi orang pintar tidak sulit, tapi kebanyakan orang tidak tahu cara menjadi pintar,"tutur Iwan Sugiarto, Dipl. Ing., pimpinan UMC. Risetyang dilakukan terhadap orang-orang terkenal dan jenius menunjukkan bahwa selain faktor genetik ternyata banyak hal-hal lain yang berperan, antara lain kemampuan berpikir otak kiri dan kanan.

Tujuan teknik ini adalah mengubah pola belajar anak menjadi lebih efektif dan optimal. Caranya antara lain dengan mengaktifkan otak kanan. Karena, "Proses belajar konvensional cenderung menggunakan otak kiri saja dan rata-rata orang belajar hanya menggunakan 4% potensi otak kanan,"begitu menurut Iwan Sugiarto. Melalui pemberian wawasan baru mengenai kemampuan otaknya, demonstrasi, contoh melalui cerita biografi orang ternama seperti Leonardo da Vinci, Albert Einstein, Tomas Alva Edison, dan Stephen Hawking, juga berbagai teknik lainnya diharapkan otak kanan anak lebih dimanfaatkan. Cerita orang ternama tersebut juga ditujukan agar anak tersugesti.
Teknik yang dipelajari pada MT antara lain teknik memori atau menghafal (untuk seluruh tingkat kursus), teknik peta pikiran (untuk tingkat II-IV), teknik membaca cepat dan mengaplikasikan ke pelajaran sekolah (tingkat III dan IV), dan latihan kreativitas (tingkat IV).
Teknik Belajar untuk Meningkatkan Cara Belajar Efektif Anak

Dalam kursus yang dipandu para lulusan minimal S1 ini, cara atau gaya anak mempelajari sesuatu juga sangat diperhatikan. Hal ini karena gaya belajar merupakan hal yang individual dan tidak dapat dipaksakan. Tapi mengenai keberhasilannya tergantung pada kemauan anak mempraktekkan teknik ini ke pelajaran sekolahnya. Karena itu, agar kursus mencapai tujuan, peserta kursus sebaiknya berusia 8 tahun keatas, dengan dasar bahwa siswa sudah dapat membaca dan menulis lancar serta memiliki kosa kata yang cukup.

Superlearning
Superlearning (SL) merupakan bimbingan metode belajar dari Learning Forum USA. Seperti halnya teknik lainya, teknik SL jiwa bertujuan untuk mengoptimalkan otak kiri dan kanan dengan membentuk pola belajar anak secara cepat dan tepat dengan aplikasi langsung pada seluruh mata pelajaran hafalan. "Anak dirangsang untuk berimajinasi, menggambar, tapi juga bernalar. Dengan metode ini anak bisa menghafal santai belajar tidak menjadi beban, dengan kata lain bisa main sambil belajar, bahkan tidur sambil belajar," tutur Atik Sri Widayati, trainer dari SL.
Dalam pengembangan metode belajar, SL sangat memperhatikan neuroscience. Dan berdasarkan catatan observasi, metode ini menjadikan anak lebih mandiri, kreatif, dan proaktif.

Superbrain
Metode Superbrain berangkat dari kenyataan bahwa sekolah tidak pernah mengajarkan bagaimana cara menghafal dengan mudah sekaligus memahaminya. Juga bagaimana anak yang sukses sekolah tapi belum tentu sukses dalam kesehariannya. "Pada prinsipnya kami memberikan 70% keterampilan akademik dan 30% pengembangan karakter, EQ dan SQ" papar Mirawati Halim, seorang pimpinan Superbrain Gading Griya Lestari.

Teknik yang diajarkan antara lain teknik-teknik memori untuk mengingat angka, wajah, kartu dan sebagainya. Materi disajikan dalam cara fun, dengan buku benvarna-warni sehingga menarik. Selain itu, sebelum mulai pelajaran, anak dilatih Brain Tune Up (seperti Brain Gym atau olah raga otak).

Metode ini juga membangkitkan motivasi dan penilaian diri guna menumbuhkan semangat kompetisi dan rasa percaya diri pada anak dengan cara membuat afirmasi positif sebelum mulai pelajaran clan sebelum tidur. Menurut Mirawati, hal itu secara tidak langsung akan memberi energi positif pada anak.
Itu tadi beberapa Teknik Belajar untuk Meningkatkan Cara Belajar Efektif yang bisa Anda terapkan pada anak-anak usia dini. Sebelumnya juga pernah penulis singgung mengenai Cara belajar anak yang efektif yang mungkin bisa membantu Anda para pembaca budiman.

Terkait Cara Mendidik Anak Parenting Lihat Juga

Teknik Belajar untuk Meningkatkan Cara Belajar Efektif Anak
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email