Tips Agar Anak tidak Gampang Sakit

Anak adalah titipan dari Tuhan, dan kita sebagai orangtua harus menjaga dan merawat agar kelak ia menjadi orang yang baik. Melihat dari aspek kesehatan, pada saat musim pancaroba  seringkali anak akan mudah tejangkit penyakit. Nah, hal ini akan membuat Anda merasa kasihan padanya. Untuk itu, kami akan berbagi mengenai Tips agar Anak tidak Gampang Sakit dan terjaga kesehatannnya. 

Tips agar Anak tidak Gampang Sakit
Berikut ini beberapa cara agar anak tidak gampang sakit, yang perlu Anda perhatikan sebagai orang tua :

1. Perhatikan Pola Makan Anak
Agar anak tidak gampang sakit, Anda wajib memperhatikan pola makan si kecil dan kebutuhan akan gizinya. Berikan pola makan yang teratur dan terjadwal dan juga untuk menyajikan makanan 4 sehat 5 sempurna sehingga si kecil mendapat asupan gizi dan imunitasnya pun semakin kuat.

2. Menjaga Kebersihan Anak
Kotoran dan kuman adalah sarang dari penyakit. Untuk itu, Anda harus menjaga kebersihan sekitar lingkungan anak. Selain menjaga kebersihan makanan anak, Anda juga harus menjaga kebersihan gigi, kuku, dan pakaian anak. Dari situlah sumber kuman yang bisa menyerang sistem kekebalan tubuh anak.

3. Berikan Anak Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup bisa membantu tumbuh kembang anak dengan baik. Berikan waktu istirahat yang cukup bagi anak Anda. Paling tidak jawalkan istirahat selama 8 jam sehari agar anak tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Tips Agar Anak tidak Gampang Sakit

4. Cepat Bertindak
Yang dimaksud cepat bertindak yaitu Anda harus segera melakukan sesuatu apabila si kecil mengalami masalah baik dengan teman-temannya baik dirumah maupun di sekolah, Apabila Anda selalu tanggap dengan keluhannya maka beban anak akan berkurang, sehingga mengurangi anak untuk berpikir terlalu keras yang bisa membuatnya sakit. Tanyakan pada si kecil masalah apa yang sedang ia alami dan berikan pula solusi dan dorongan agar beban pikiran anak dapat berkurang.
Bila anak mengalami berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, flu, batuk ataupun penyakit lainnya, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Selain itu, ajarkan pada anak untuk senantiasa menjaga kebersihan secara mandiri 
Cukup sekian artikel Tips agar Anak tidak Gampang Sakit yang mudah-mudahan membawa manfaat bagi pembaca.

Terkait Cara Merawat Anak Parenting Lihat Juga

Tips Agar Anak tidak Gampang Sakit
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email