Tips Melakukan Parenting Control pada Anak

Melakukan Parenting Control memang sangat penting. Kita sebagai orangtua harus senantiasa mengawasi perkembangan anak terlebih sekarang perkembangan teknologi yang kian modern dan banyak berbagai ancaman yang bisa menyerang anak Anda. Apabila Anda ingin menerapkan hal tersebut pada anak Anda, sebaiknya Anda perlu memperhatikan Tips Melakukan Parenting Control pada Anak berikut.

  1. Jelaskan pada buah hati Anda tentang perlunya keamanan di dunia online. Berikan batasan dan aturan yang tegas tentang jam untuk bermain game online, aplikasi apa saja yang boleh di unduh, situs web apa saja yang boleh dikunjungi. Jelaskan pula konsekuensi internet yang digunakan tidak pada tempatnya. 
  2. Alih-alih serba melarang, pastikan anak nyaman ketika berdiskusi tentang pengalaman mereka berinternet dan hal-hal yang ia temui di online. Sehingga, bia ia mengalami kesulitan, mereka akan bertanya pada Anda sebagai orangtua dan bukan dengan pihak luar.  
  3. Jangan sungkan-sungkan untuk mencoba bermain game bersama anak Anda. Hal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk membangun family techno system dan mengajarkan online safety kepada anak.
  4. Biasakan untuk menggunakan password. Ajari anak untuk melengkapi gadget mereka dengan password dan tekankan padanya untuk tidak sembarangan memberikan password pada orang lain.
  5. Dalam bermain media sosial, ajarkan hal apa yang dapat disebarkan dan mana yang tidak begitu perlu untuk disebarkan. Ajarkan cara mereka untuk berkomunikasi dengan baik. 
  6. Jangan sembarangan menunggah dan berbagi foto maupun video. 
  7. Manfaatkan setting privacy. Ajarkan anak untuk mengatur privasi mereka di akun media sosial. Sebaiknya, ingatkan pada anak untuk tidak berteman dengan orang yang tidak ia kenal di dunia nyata. Ajari pula si kecil cara memblokir follower atau report user yang mem-posting konten yang tidak layak atau berbau hal negatif. 
  8. Gunakan software antivirus dan rajin-rajinlah untuk meng-upgrade.

Itulah beberapa Tips Melakukan Parenting Control pada Anak yang bisa Anda ajarkan. Bersikaplah secara bijak pada anak Anda. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat.

Terkait Cara Mendidik Anak Parenting Lihat Juga

Tips Melakukan Parenting Control pada Anak
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email