Cara Memulihkan Kembali Rasa Percaya Diri Anak

Dalam masa pertumbuhan, anak-anak sangat rentan mengalami tindak kekerasan yang bisa menghancurkan rasa percaya diri anak, sehingga hal ini harus segera ditangani agar tidak menjadi masalah baginya kelak ketika ia tumbuh dewasa nanti. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua diminta agar lebih peduli pendidikan dan pertumbuhan anak Anda, tidak hanya sebatas pertumbuhan fisik melainkan juga mental dan kepribadiannya.

Namun, apabila seorang anak telah terlanjur hancur rasa percaya dirinya yang disebabkan oleh beberapa faktor, maka dari itu, kami akan berbagi Tips Memulihkan Kembali Rasa Percaya Diri Anak yang setidaknya bisa membantu si kecil untuk menemukan kembali rasa percaya yang ada di dalam dirinya.

Cara Memulihkan Kembali Rasa Percaya Diri Anak
1. Cari tahu penyebabnya
Langkah pertama untuk memulihkan rasa percaya diri anak ialah cari tahu apakah yang menjadi penyebab si kecil sehingga ia tidak lagi percaya diri. Setelah itu, carilah solusi yang tepat untuk mengatasinya. Jalinlah sikap saling percaya terlebih dahulu antara Anda dan anak, kemudian minta ia untuk terbuka dan menyampaikan masalah apa yang tengah menjadikannya khawatir dan tidak percaya diri.

2. Komunikasi
Komunikasi yang jarang dilakukan oleh orangtua kepada anak bisa saja membuat seorang anak kehilangan rasa percaya dirinya. Sebenarnya ia butuh perhatian dari orangtuanya. Seharusnya Anda sebagai orangtua harus bisa menjadi tempat yang paling nyaman dan juga aman bagi seorang anak untuk menyampaikan segala keluh kesahnya. Oleh karena itu, segera perbaiki komunikasi Anda dengan buah hati Anda agar ia tahu bahwa Andalah yang paling sayang dan peduli terhadap masa depannya.

3. Jangan membandingkan kemampuannya dengan orang lain
Setiap anak mewarisi bakat serta kecerdasannya yang berbeda satu sama lain, sehingga sangat tidak bijaksana jika Anda membandingkan kemampuan anak Anda dengan kemampuan anak lainnya, Hal ini sangat tidak bisa untuk dipasakan. Karenanya, Anda harus memahami dengan baik kemampuan yang dimiliki oleh anak Anda kemudian bantu ia untuk mengembangkannya agar semakin baik potensi yang ia miliki sehingga dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.
Cara Memulihkan Kembali Rasa Percaya Diri Anak

4. Berikan pujian padanya
Cara Memulihkan Kembali Rasa Percaya Diri Anak lainnya ialah dengan memberikan pujian, kebanyakan orang sangat suka jika ia dipuji. Hal ini merupakan suatu bentuk penghargaan bahwa apa yang telah ia lakukan sangat bermanfaat. Oleh karena itu, berikan pujian dengan tulus atas apa yang telah dicapainya oleh anak Anda. Anda bisa memberikan penghargaan dalam wujud hadiah agar pujian dari Anda semakin berkesan bagi anak Anda sehingga rasa optimisme dalam dirinya akan semakin meningkat.

5. Jangan Pernah Mengertak Anak
Jangan pernah mengertak si kecil ketika anak melakukan kesalahan, sebagai orangtua Anda sebisa mungkin harus menghindari ucapkan atau kata-kata yang bisa menyakiti hati si kecil atau bahkan pemukulan secara fisik. Dengan tindakan seperti itu, akan membuat rasa percaya dirinya semakin menurun.

6. Latih anak membuat keputusan
Libatkan anak dalam setiap pengambilan keputusan dalam keluarga. Mintalah pada si kecil untuk memberikan pendapatnya. Dengan demikian hal ini akan mengajarkan si kecil bahwa keputusan dalam suatu kelompok orang (dalam hal ini keluarga) harus mendapatkan persetujuan dari berbagai pihak yang terlibat.

7. Beri dia tanggung jawab
Berikan kepada si kecil tanggung jawab seperti menjaga adiknya, membersihkan tempat tidurnya, dan kegiatan lainnya. Kemudian berikan pujian agar ia merasa bahwa apa yang telah ia kerjakan bermanfaat dan tidak sia-sia.

8. Dukung cita-citanya
Mendukung cita-cita anak merupakan salah satu cara memulihkan kembali rasa percaya diri anak yang perlu anda perhatikan. Jangan pernah memaksa anak untuk menjadi seperti yang orangtua inginkan, akan tetapi dukung dan arahkan si kecil untuk mencapai cita-cita yang diinginkannya.

9. Ajak anak bersosialisasi dengan orang lain
Jangan biarkan anak ditinggal sendiri di rumah. Ajaklah ia agar mau bersosialisasi dengan orang lain. Perkenalkan pada teman-temannya atau ajak ia membahas topik-topik ringan yang sering terjadi dalam kesehariannya.

10. Meyakinkannya
Ketika suatu kegagalan ia alami, yakinkan padanya bahwa tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna. Katakan pula bahwa kegagalan merupakan awal dari sebuah keberhasilan selagi orang tersebut mau berusaha dan pantang menyerah maka kesuksesan akan menghadangnya.

Itulah beberapa Tips atau Cara Memulihkan Kembali Rasa Percaya Diri Anak  yang bisa Anda terapkan. Semoga dengan adanya artikel diatas bisa membantu dan mohon untuk bisa di share ke temen-temen.

Terkait Cara Mendidik Anak Parenting Lihat Juga

Cara Memulihkan Kembali Rasa Percaya Diri Anak
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email