Tips Mendidik Anak agar Lebih Mandiri dan Tidak Manja

Didalam sebuah keluarga, tentu Anda mengingikan anak bisa tumbuh menjadi orang yang mandiri. Sebagai orangtua, Anda perlu berhati-hati dalam mengasuh anak pada masa perkembangannya karena setiap didikan kita bisa berpengaruh pda kehidupannya di masa depan. Berikut ini akan disampaikan Tips Mendidik Anak agar Lebih Mandiri dan Tidak Manja

1. Jangan Menuruti Semua Keinginan Anak
Meski Anda sangat menyayangi buah hati Anda, menuruti semua keinginannya hanya akan membuat anak Anda tumbuh menjadi anak yang manja dan selalu mengandalkan orang lain. Bila si kecil sudah dimanjakan dan semua keinginannya diwujudkan oleh Anda
Dampak ke depannya anak tidak bisa mandiri dan malas karena mereka akan mengandalkan Anda sebagai orangtuanya bisa mewujudkan apa yang diinginkannya. Biasakanlah anak Anda untuk berusaha mengerjakan tugasnya sendiri agar mereka bisa belajar bertanggung jawab untuk dirinya sendiri.

2. Jangan Terlalu Banyak Melarang
Rasa keingintahuan anak terhadap dunianya menjadikan mereka ingin mencoba hal-hal baru yang akan ia lakukan secara leluasa. Ketakutan dari orangtua yaitu kemungkinan terjadi hal-hal terburuk pada anak. Sehingga banyak orangtua yang melarang atau memberi batasan terhadap suatu hal yang dapat membahayakan anak.
Larangan hanya akan membuat rasa penasaran bagi mereka untuk melakukannya dan bisa saja anak akan berbohong karena larangan dari orangtuanya. Komunikasi dua arah merupakan solusi terbaik untuk mengingatkan anak. Beri tahukan pula tentang risiko yang mungkin terjadi pada anak bila melakukan hal tersebut.

3. Ajar anak untuk jujur
Jangan sekali-kali Anda memberi contoh pada anak untuk berbohong. Ajar mereka untuk selalu terbuka tentang apapun, baik menyangkut perasaannya, atau kendala yang tengah dihadapinya. Jangan membiarkan anak Anda menutup dirinya terhadap Anda.

4. Jangan sekali-kali menghukum dengan kekerasan fisik
Seringkali Anda merasa marah atau kesal melihat tingkah anak Anda yang buruk. Salah satu cara yang bisa membuat anak jera yiatu dengan hukuman fisik. Bila anak Anda melakukan suatu kesalahan, Anda sebaiknya memberi tahu secara baik-baik dengan bahasa yang mudah dipahaminya tanpa harus memberi hukuman fisik.
Kekerasan fisik hanya akan membuat jiwa anak terluka, selain fisik atau tubuh mereka yang terluka. Hal tersebut akan berdampak negatif pada pertumbuhan jasmani dan emosional anak. Hukuman fisik juga bisa memicu anak semakin tidak menghormati Anda dan akan memberontak.

5. Kasih dan perhatian
Seorang anak akan merasa nyaman bila Anda menunjukkan kasih sayang dan perhatian padanya. Kepedulian orangtua dalam hal apapun akan sangat berarti baginya.
 Perhatian disini bukan berarti bagaimana Anda bisa memberikan benda atau materi kepada anak, tetapi juga dalam tindakan. Misal, menemani ketika mereka sedang mengerjakan tugas di rumah. Dengan demikian anak akan lebih bersemangat dalam belajar.

Menjadi orang tua merupakan tugas dan tanggung jawab yang mulia. Didiklah anak Anda dengan baik, sehingga anak Anda akan memberikan sukacita bagi Anda dan juga keluarga.

Terkait Cara Mendidik Anak Parenting Lihat Juga

Tips Mendidik Anak agar Lebih Mandiri dan Tidak Manja
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email