Tips Mengajari Anak untuk Bersikap Sopan

Di usianya yang masih tergolong muda, anak bisa belajar mengenai dasar-dasar bersikap sopan. Hanya saja ia belum terlalu mengerti atau bisa melakukannya secara langsung ketika Anda mengajarinya sesuatu pada saat ini. Lantas, apa yang dapat Anda lakukan?
Jadikan saja sopan santun sebagai bagian dari perbincangan antara Anda dan anak. Memikirkan perasaan orang lain adalah dasar dari sikap yang sopan. Doronglah anak untuk selalu melakukannya.
Seiring dengan bertambahnya usia, anak semakin mampu mengikuti petunjuk dan arahan Anda dalam menunjukkan sikap yang sopan. Di sekolah, ia akan selalu diminta untuk diam, antre, dan mengacungkan jari ketika dipanggil guru.

Tips Mengajari Anak untuk Bersikap Sopan
Berikut ini kami akan memberikan Tips Mengajari Anak untuk Bersikap Sopan yang bisa Anda terapkan.

1. Bicarakan Tentang Harapan
Keterampilan berbahasa anak memang masih dalam tahap berkembang, sehingga Anda dapat menanyakan padanya tentang bagaimana seharusnya kita menjaga sopan santun. Beritahu apa harapan Anda ketika kita bersikap sopan dan dengarkan kesulitan apa yang  dialaminya. 
Jka si kecil tidak bisa duduk diam saat anggota keluarga lain sedang menikmati makan malam, biarkan ia meninggalkan meja makan untuk bergerak sesukanya. Hanya saja, ia harus berada dalam jangkauan Anda. Juga, anak sering mengikuti aturan yang mereka pikir diciptakannya, sehingga mintalah ia untuk mengatakan aturan sopan santun apa saja yang akan dipikirkannya.
Tips Mengajari Anak untuk Bersikap Sopan


2. Jaga Batasan-batasan
Mungkin Anda pernah mengatakan pada anak Anda bahwa Anda merasa sedih ketika ia mengatakan baju Anda jelek. Meski demikian, tetaplah berusaha membuka diskusi tentang apa yang dapat dan tidak dapat diterima. 
Cara yang lebih baik untuk mengatasinya yiatu dengan mengatakan, “Kamu tidak sopan untuk berbicara seperti itu terhadap Mama”. Mengajarkan anak untuk memiliki sikap sopan santun adalah sebuah proses yang berlangsung terus menerus. Anda harus bersabar dan tetap yakin bahwa anak Anda mampu melakukannya meski masih usia anak-anak. 

Baca juga : Tips mendidikan anak agar tidak manja dan lebih mandiri

Itulah sedikit ulasan mengenai Tips Mengajari Anak untuk Bersikap Sopan yang dapat kami sampaikan. Selebihnya Anda sebagai orangtua lebih mengetahui karakter anak Anda masing-masing dan lebih paham dalam memberikan solusi yang berkaitan dengan sikap anak Anda.

Terkait Cara Mendidik Anak Parenting Lihat Juga

Tips Mengajari Anak untuk Bersikap Sopan
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email