Tips Meningkatkan Minat Membaca pada Anak

Membaca adalah salah satu kegiatan yang bisa menjadi hobi dari setiap orang. Untuk membantu anak suka membaca, Anda perlu membaca banyak buku dan motivasi. Melalui buku, anak bisa membuka pikirannya terhadap pengetahuan yang ada disekitarnya dan juga bisa meningkatkan kreativitas si anak.

Tips Meningkatkan Minat Membaca pada Anak
Berikut Tips Meningkatkan Minat Membaca Anak yang bisa Anda terapkan pada anak Anda.

1. Biasakan Diri Anda Membaca 
Untuk meningkatkan minat membaca anak, Anda harus memberikan contoh yang baik untuknya. Caranya Anda bisa membaca koran atau majalah, sehingga Anda bisa melihat kebiasaan orangtuanya dalam membaca dan timbut minat untuk ikut membaca.

2. Sediakan Bacaan Sesuai Usianya
Pertimbangkan untuk berlangganan majalah. Sediakan majalah, tabloid atau bacaan yang sesuai dengan usia anak Anda atau serial buku yang bisa membuat si kecil  tertarik untuk belajar membacanya. Letakkan buku dan majalah di rak dan mudah untuk dijangkau olehnya.

3. Ajak Anak ke Toko Buku
Ketika Anda pergi ke toko buku, ajaklah anak Anda agar anak tertarik dengan berbagai genre buku anak yang tersedia dan ingin membacanya di rumah.
Tips Meningkatkan Minat Membaca pada Anak

4. Bahaslah tentang buku-buku menarik dengan anak Anda
Ketika sedang santai bersama anak, bahaslah buku-buku yang disukai anak Anda. Mintalah anak Anda untuk menceritakan kembali buku yang telah dibacanya. Tunjukkan pada anak Anda bagaimana membaca memainkan peran penting dalam hidup seseorang karena merupakan sumber pengetahuan.

5. Bantu anak Anda menyusun buku-bukunya
Menyusun sendiri buku-buku favorit anak dalam rak bisa menumbuhkan minat anak untuk memperbanyak koleksi bukunya. Minat untuk mengoleksi buku-buku bisa menumbuhkan keinginan membaca yang lebih besar.

6. Ajarkan si Kecil Membaca Buku dengan Menyuarakan Tokoh yang ada dalam Buku
Membaca puisi, dialog atau narasi bisa menghidupkan kata-kata pada setiap halaman. Tunjukkan pada si kecil bagaimana menggunakan nada suara yang harus digunakan untuk bertindak sebagai karakter tokoh dalam buku.

7. Tingkatkan Level Bacaan Anak
Untuk membantu anak membaca secara teratur, Anda mungkin harus mengenalkan berbagai jenis buku padanya. Tingkatkan level bacaan secara perlahan-lahan seiring dengan perkembangan usia anak.

Demikian beberapa tips yang perlu Anda pelajari sebagai orang tua, untuk meningkatkan minat membaca pada anak usia dini, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya bunda.

Terkait Cara Mendidik Anak Parenting Lihat Juga

Tips Meningkatkan Minat Membaca pada Anak
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email