Pengertain dan Kegunaan Teori Ekonomi Mikro

Dalam leteratur ekonomi, teori ekonomi di bedakan menjadi 2 hal pokok yang berupa ; 1) teori ekonomi mikro (micro economic theory) dan 2) teori ekonomi makro (macro economic theory). namun dalam artikel kali ini penulis akan membahas teori ekonomi mikro saja. Ekonomi mikro membicarakan unit-unit individu seperti perusahaan dan rumah tangga-rumah tangga, misalnya bagaimana suatu rumah tangga mengalokasikan pendapatannya untuk membeli barang-barang dan jasa-jasa yang beranekaragam. 
Teori ini juga akan mempelajari  ekonomi secara khusus maksudnya membahas aktivitas-aktivitas ekonomi dari suatu satuan ekonomi sebagai bahagian dari keseluruhan seperti konsumen, pemilik faktor-faktor produksi, tenaga kerja, perusahaan, industri dan lain sebagainya.
Dalam teori ekonomi mikro ini akan membahas tentang penentuan tingkat produksi suatu perusahaan agar dapat mencapai profit/ keuntungan yang maksimum karena laba merupakan salah satu tujuan penting bagi perusahaan. Contoh: misalnya kalau permintaan terhadap hasil industri meningkat maka mikro ekonomi akan mencoba mencari dampak dari kenaikan produksi itu terhadap tingkat harga produksi yang dihasilkan perusahaan tersebut. 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ilmu ekonomi mikro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku individu dalam membuat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan aspek ekonomi. Individu dimaksud seperti konsumen, pemilik sumber-sumber daya dan perusahaan dalam perekonomian pasar bebas. Jadi teori mikro atau teori harga mempelajari arus barang dan jasa dari sektor rumah tangga, komposisi arus tersebut serta bagaimana harga-harga barang dan jasa ditentukan dalam arus tersebut. Juga mempelajari arus jasa  sumber-sumber ekonomi dari pemilik sumber-sumber daya ke perusahaan-perusahaan bisnis, kemana penggunaan sumber-sumber mengalir dan bagaimana harga sumber-sumber ditentukan.

Kegunaan Teori Ekonomi Mikro

Teori Ekonomi Mikro dapat bermanfaat:

  • Sebagai alat untuk merumuskan kebijakan ekonomi (economi policy), artinya menganalisis bagaimana kegiatan pemerintah untuk mempengaruhi perekonomian. Dalam hal ini kita dapat mempelajari kebijakan pemerintah yang mempengaruhi harga dan upah, serta alokasi sumber daya. 
  • Sebagai dasar untuk membuat ramalan (basic for predicition), artinya bahwa teori harga dapat membuat ramalan bersyarat atau ramalan kondisional (conditional prediction). 
  • Untuk memeriksa syarat-syarat kemakmuran perekonomian (welfare economics).
  • Sebagai alat dalam pengambilan keputusan manajemen. Dalam hal ini metode yang dikembangkan dalam analisis permintaan dan analisis biaya yang digunakan dalam linear programming.

Referensi : Ebook Teori Ekonomi Mikro, oleh Prof Sahat Simbolon.

Terkait Materi Kuliah Lihat Juga

Pengertain dan Kegunaan Teori Ekonomi Mikro
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email