Macam Jenis Kamera Digital


Seiring perkembangannya kamera digital mempunyai berbagai macam jenis kamera digital, harganya pun mulai bervariasi tergantung dari spesifikasi dan kualitas dari kamera digital itu sendiri. Untuk macam-macam kamera digital bisa rekan simak pada penjelasan berikut ini :

Kamera Saku (Point and Shoot Camera)
Kamera saku merupakan kamera yang paling banyak digunakan orang karena mudah pemakaiannya dan relatif murah harganya. Kamera ini sendiri dirancang untuk mereka yang kurang menyukai kontrol manual atau kata lain serba otomatis.

Kamera saku atau point and shoot ini mempunyai fasilitas yang cukup menarik di antaranya :
Digital zoom
Fasilitas pembesaran gambar yang dilakukan secara digital. Proses ini sebenarnya hanya berupa proses crooping dan pembesaran menggunakan software internal kamera. Zoom ini mengakibatkan gambar menjadi kabur (blur).

Resolusi yang cukup besar
Media bidik bisa berupa lensa konvensional. LCD, atau merupakan kombinasi keduanya sehingga kamera ini cukup bagus bila di cetak.


Optical zoom 
fasilitas untuk pembesaran gambar yang dilakukan dengan kombinasi reposisi lensa.



Kamera Digital Semi Profesional
Kamera jenis ini mempunyai banyak sebutan, antara lain prosumer camera dan advance digital camera. Pemberian nama tersebut berkaitan dengan fungsi dan target pasarnya yang unik. Kamera ini dirancang untuk mereka yang ingin disulitkan oleh pengaturan diafragma dan segala pernik teknik fotografi.

Dengan kamera ini pengguna bisa mengatur jarak secara manual dan mode zooming atau bahkan fasilitas macro yang sangat membantu dalam memperoleh kualitas gambar dan efek yang diinginkan. Secara umum kelebihan kamera digital kelas ini adalah pada standar lensa yang digunakan, yakni lensa 35 mm.

Lensa ini mirip lensa standar pada kamera SLR analog, namun dengan desain khusus yang disesuaikan dengan karakter kamera digital. Kelebihan teknis lainnya adalah adanya kendali manual dan otomatis pada fokus, diafragma, dan kecepatan pembukaan lensa. Resolusi kamera kelas ini adalah antara 3,1 megapiksel sampai dengan 5,1 megapiksel. 
Adanya beberapa fasilitas yang cukup lengkap membuat kamera ini sangat diminati, sekaligus menjadi yang paling populer di antara semua kelas kamera digital.


Kamera Digital SLR (Single Lens Reflex)
Resolusi terendah yang dimiliki kamera digital SLR (Single Lens Reflex) adalah 5,1 megapiksel. Seperti halnya pada kamera SLR analog, kamera digital SLR juga memiliki kualitas gambar terbaik karena menggunakan lensa optik dan sistem kendali manual.
Selain kendali yang diberikan secara manual, kamera ini juga memiliki sistem kendali otomatis yang dibantu oleh mikro prosesor yang cukup canggih.

Kamera digital bertipe SLR ini juga menggunakan lensa yang bisa dilepas dan diganti dengan lensa berdiameter lebih besar atau lebih kecil sesuai kebutuhan. Selain itu, penempatan tombol dan fungsi dasar kedua kamera digital ini tidak banyak berbeda. Komponen dasar kamera ini bisa dilihat pada gambar. Ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan kamera digital SLR, yaitu lensa dan blitz.

Untuk harga masing-masing jenis kamera digital bervariasi tergantung dari merk dan kualitasnya, tapi biasanya harga untuk kamera digital saku kisaran 1jutaan bisa kurang atau lebih, untuk kamera digital semi professional kisaran 2-3jutaan bisa kurang atau lebih, dan untuk kamera digital SLR ni tergantung dari kemampuannya, tapi yang jelas lebih mahal ketimbang kamera digital type lain yang jelas harganya 5juta ke atas.

Terkait Pengetahuan Umum Lihat Juga

Macam Jenis Kamera Digital
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email