Tips Meminimalisir Gumoh pada Bayi

Gumoh dan muntah seringkali terjadi menimpa pada bayi. Anda sebagai orang tua perlu tau cara mengatasi gumoh pada bayi atau setidaknya bisa meminimalisir gumoh. Berbeda dengan muntah, gumoh terjadi seperti air yang mengalir ke bawah , bisa sedikit atau cukup banyak. Gumoh bersifat pasif dan spontan. Baik gumoh maupun muntah, hal ini dianggap biasa (normal) dialami bayi. Akan tetetapi, gumoh perlu untuk ditangani. Kali ini kami akan berbagi tips mengenai Tips Meminimalisir Gumoh pada Bayi yang sering terjadi.

Tips Meminimalisir Gumoh pada Bayi
  1. Hindari memberikan ASI atau susu ketika bayi berbaring. Jaga agar si kecil tetap dalam posisi sedikit ditegakkan dengan kepala lebih tinggi dari kaki  selama 30 menit setelah menyusu.
  2. Hindari meletakkan bayi di kursi bayi. Hal ini akan meningkatkan tekanan pada perut si kecil.
  3. Hindari merangsang aktivitas yang berlebih setelah bayi menyusu.
  4. Kontrol jumlah ASI atau susu yang diberikan.
  5. Sendawakan bayi segera setelah menyusu. Caranya yaitu dengan menggendongnya dalam posisi tegak. Terkadang bayi masih membutuhkan bersendawa di antara 2 waktu menysusu.
  6. Check lubang dot yang Anda gunakan untuk memberikan susu. Apabila lubang pada dot terlalu kecil akan meningkatkan udara yang masuk. Apabila terlalu besar ,susu akan mengalir dengan cepat yang dapat memungkinkan bayi Anda mengalami gumoh.
  7. Hindari memberikan ASI atau susu pada saat bayi merasa sangat lapar. Hal ini dikarenakan bayi akan tergesa-gesa untuk meminum sehingga udara akan masuk.
  8. Jangan mengangkat bayi ketika gumoh. Mengangkat bayi ketika gumoh akan berbahaya, karena gumoh dapat turun lagi, masuk ke paru dan bisa mengganggu paru. Sebaiknya, miringkan atau tengkurapkan si kecil. Biarkan ia muntah hingga tuntas.
  9. Biarkan saja bila si kecil mengeluarkan gumoh dari hidungnya. Muntah pada bayi bukan hanya keluar dari mulut, melainkan juga bisa keluar dari hidung. Hal ini terjadi karena antara mulut, hidung, dan tenggorokan memiliki saluran yang berhubungan. 
  10. Hindari bayi tersedak. Untuk mencegah kemungkinan tersedak, setiap kali bayi muntah Anda harus memiringkan badannya. Akan lebih baik bila sebelum ia muntah (pada saat ia menunjukkan gejala mau muntah) maka Anda segera memiringkan atau menengkurapkan tubuh bayi  Anda sambil ditepuk-tepuk punggungnya.
cara mengatasi gumoh pada bayi

Itulah ulasan singkat mengenai Tips Meminimalisir Gumoh pada Bayi yang dapat kami sampaikan. Pelajari juga Tips mengatasi jerawat pada bayi. Semoga bermanfaat.

Terkait Merawat Bayi Parenting Lihat Juga

Tips Meminimalisir Gumoh pada Bayi
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email