Cara dan Teknik Membaca Cepat

Cara membaca cepat sangat di perlukan dalam situasi-situasi tertentu misal dalam mengerjakan soal ujian misalnya, ada dua cara untuk teknik membaca cepat yakni teknik skimming dan teknik scanning, yang bisa di jelaskan seperti berikut ini :
A) Teknik Skimming
Teknik membaca Skimming adalah teknik membaca secara garis besar (sekilas) untuk mendapatkan gambaran umum isi buku. Setelah itu kita melacak informasi yang ingin kita ketahui secara mendalam. Untuk memperlancar proses skimming maka lakukanlah terlebih dahulu membaca daftar isi, kata pengantar, pendahuluan, judul atau sub judul, serta kesimpulan di beberapa bagian buku ini minimal kita bisa menafsirkan apa inti dari isi buku yang akan kita baca tersebut.
Biasanya teknik ini digunakan untuk memcari buku yang menarik di perpustakaan, atau mencari kata dalam kamus, dll.

B) Teknik Scanning
Teknik membaca scanning adalah membaca suatu informasi dimana bacaan tersebut dibaca secara loncat-loncat dengan melibatkan asosiasi dan imajinasi, sehingga dalam memahami bacaan tersebut kita dapat menghubungkan kalimat yang satu dengan kata-kata sendiri. Jadi dalam teknik ini tidak seluruh kata/kalimat dibaca. Biasanya kata-kata kunci yang menjadi perhatian pembaca. Sebagai gambaran nyata, teknik ini biasa diilustrasikan seperti kita sedang membaca Koran, mencari judul-judul atau topic berita yang dianggap menarik, mengerjakan soal bacaan, dll.


Sebelum melatih membaca cepat, kita perlu paham beberapa langkah untuk membaca cepat, yang diantaranya :
Persiapan
Tahap persiapan ini dimulai dengan membaca judul. Judul ini kita coba menafsirkannya sesuai dengan asosiasi dan imajinasi serta pengalaman yang telah kita alami. Kita bisa menafsirkan isi bacaan dari judul yang dibaca. Hubungkan pengalaman/wawasan yang kita miliki sengan judul bahan bacaan yang akan dibaca.
Kemudian perhatikan gambar dan keterangan gambar dari materi yang akan dibaca. Biasanya gambar atau ilustrasi dalam buku mengilustrasikan isi bacaan. Oleh karena itu symbol visual ini dapat membantu kita memahami isi bacaan dari suatu informasi yang sedang kita pelajari.
Huruf cetak tebal/huruf miring juga perlu di perhatikan. Huruf yang dicetak berbeda ini biasanya melambangkan kata/kalimat penting dalam isi bacaan. Langkah selanjutnya adalah membaca alinea awal dan akhir. Alinea awal mengantarkan pembaca pada isi bacaan, sedangkan aliena akhir biasanya berupa pokok pikiran dari isi bacaan. Melalui aliena awal dan akhir ini dapat membantu kita menafsirkan keseluruhan isi bacaan yang ada. dengan begitu kita bisa tahu inti pokok permasalahan.

Pelaksanaan

Setelah melakukan tahap persiapan, biasanya kita sudah tau inti dari permasalahannya, sehingga kita sudah bisa membayangkan gambaran umum isi bacaan dalam buku yang akan kita baca. Selanjutnya kita dapat memulai membaca cepat dengan menggunakan dua teknik tadi yaitu scaning dan skimming sehinga bisa dengan cepat mengambil inti sari isi bacaan tampa harus membaca keseluruhannya.

Terkait Pendidikan Umum Pengetahuan Umum Lihat Juga

Cara dan Teknik Membaca Cepat
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email