Kelebihan dan Kekurangan Linux

Pertama kali dengar kata linux pasti yang terbayangkan rekan adalah salah satu sistem operasi dengan jargonnya open source yang free untuk semua kalangan. Namun layaknya sistem operasi lain linux juga mempunyai kelebihan dan kekurangan dari OS Linux yang patut di jadikan bahan pertimbangan sebelum rekan-rekan menggunakan OS linux.

Lalu apa saja kekurangan dan kelebihan linux ketimbang OS lain, berikut detailnya :

Kelebihan dari OS Linux
  • Rekan bisa mendapatkannya secara free /cuma-Cuma tanpa harus membeli lisensi (gratis), karena linux adalah sistem operasi yang open source.
  • Dari sisi keamanan, jelas Linux lebih aman dari inveksi penyakit komputer seperti trojan,spyware, virus, dan beragam jenis malware lainnya. Jikalau memang ada virus yang sudah menjangkiti pengguna tertentu, akan sulit untuk menyebar kepada pengguna yang lain. Hal ini karena sejak awal linux sudah didesain multi-user. Hal ini membuat daya tarik tersendiri buat linux.
  • OS Linux memiliki kompabilitas/support dengan perangkat yang lebih ringan, tanpa menuntut perkembangan softwarenya. Jadi linux sangat cocok untuk  menjalankan komputer dengan spesifikasi yang minim, karena linux lebih kecil memakan resource dibanding windows. Berbagai varian linux populer menyediakan untuk versi 32bit dan 64bit sehingga rekan ndak perlu khawatir dengan spec komputernya.
  • LINUX bisa berjalan dalam dua modus,yaitu modus text dan modus GUI.Namun kekuatan utamanya adalah pada modus text/terminal. Serta OS ini didukung oleh banyak komunitas yang tersebar diseluruh dunia. Sehingga kita bisa memperoleh informasi pengembangan terbaru dari sistem operasi ini secara gratis dalam penggunaanya.
  • Kita boleh melakukan memodifikasi linux secara gratis tanpa lisensi, bahkan bisa mengembangkan varian linux sendiri. Sehingga sangat cocok buat rekan yang suka coding programming.
  • Linux adalah varian dari UNIX yang terkenal stabil jika dijalankan tanpa henti.Pada linux pun demikian karena masih mewarisi sifat UNIX tersebut. Dengan demikian maka jarang ditemui komputer pengguna linux yang tiba tiba hang saat digunakan lebih dalam waktu yang lama.

Kekurangan dari Linux
  • Kurang adanya support dari pihak ketiga /vendor-vendor perangkat keras masih kurang begitu baik kepada OS linux.
  • Program aplikasi yang support tidak sebanyak windows, jadi jika belum terbiasa di pastikan rekan akan kebinguan dalam pemakaiannya.
  • Dalam menginstal software pada linux prosesnya tidak semudah dan sepraktis pada windows. Misalnya, agar lebih mudah saat menginstal maka kita harus memiliki CD repository atau dengan terhubung internet.Hal ini pastinya akan menyulitkan buat orang awam.

Itu tadi penjelasan seputar kelebihan dan kekurangan dari OS linux, selebihnya rekan bisa menentukan sendiri OS yang nantinya rekan gunakan dalam komputer.

Terkait Tips Komputer Lihat Juga

Kelebihan dan Kekurangan Linux
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email