Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Hang

Secara umum ada beberapa hal yang menyebabkan komputer hang, namun secara sederhana penyebab komputer hang bisa mengatasi komputer hang tersebut dengan berbagai cara/prosedur pengecekan sebagai berikut :

Masalah Sambungan dan Kabel
Rekan bisa mengecek kabel dan sambungan terlebih dahulu sebelum mengecek yang lain, karena kabel dan sambungan yang kurang baik bisa menyebabkan komputer hang. Untuk memastikannya silahkan periksa kabel kabel dari power supply yang menghubungkan dengan hardisk, pastikan sambungan dan kabel dalam kondisi baik dan pemasangannya benar. Jika belum bisa, lanjutkan dengan langkah-langkah mengatasi komputer hang berikutnya

Masalah Hardisk Komputer
Coba rekan cek hardisk rekan, perlu diketahui juga hardisk yang terlalu banyak menyimpan file, misal hardisk yang mau penuh akan berpengaruh pada melambatnya kinerja komputer. Sebaiknya gunakan hardisk maximal 60% dari kapasitas aslinya serta tata ulang susunan menyimpan file dengan baik, hapus file apapun yang tidak dipakai.Hardisk Badsector, RPM rendah juga bisa menjadi masalah, lakukan pemeriksaan hardisk secara berkala, dan hapus file-file yang ndak penting.

Masalah Program Aplikasi dan OS
Program yang banyak serta spcek komputer yang tidak begitu baik akan mempengaruhi kinerja komputer rekan yang bisa berakibat komputer sering hang, jadi sesuaikan dengan spec komputernya. Dan yang paling penting gunakan /installah program yang memang sedang rekan butuhkan, hindari instalasi sembarang program yang di dapet dari internet, karena biasanya rentang terhadap malware ataupun virus.
Selain itu banyaknya program yang berjalan dibelakang bisa mengakibatkan CPU menjadi kerepotan sehingga panas kemudian hang.Hal tersebut bisa juga karena adanya virus atau malmware lainnya pada sistem anda. Untuk masalah ini rekan bisa mengatasinya dengan scan semua data dan program dengan antivirus yang emang sudah teruji.
Selain itu OS komputer rentan mengalami kerusakan, jika sering menggunakan komputer dengan cara yang tidak benar. Misalnya komputer sering mati tanpa prosedur shut down, atau menginstall software yang mengandung virus dsb. Sebelum menginstal ulang atau repair OS yang baru.

Masalah Hardware Komputer
Hardware komputer yang tidak terinstall dengan benar bisa menyebabkan komputer menjadi hang. Atau hardware yang tidak didukung oleh sistem BIOS (Jika baru menginstal hardware baru). RAM yang terlalu minim, FAN yang tidak berjalan normal juga bisa mengakibatkan hang. Untuk masalah hardware tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasinya, mungkin rekan bisa menggantinya dengan yang baru. Tetapi jika masalah yang terjadi tidak yakin sebaiknya rekan serviskan ke tukang service komputer yang berpengalaman, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. 

Trik sederhana jika rekan sedang menjalankan beberapa aplikasi dan ternyata komputer hang, rekan bisa meklik tombol CTRL+ALT+DEL (secara bersamaan) untuk memberhentikan beberapa program yang mungkin menyebabkan komputer hang biasanya di task manajer ada aplikasi yang statusnya not responding, dengan memilih End Now pada task manager.

Terkait Pengetahuan Umum Tips Komputer Lihat Juga

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Hang
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email