Prinsip Dasar Tenaga Pembangkit Listrik


Seperti yang kita tahu saat ini kita tidak terlepas dari fungsi listrik itu sendiri, listrik merupakan sumber energi yang utama digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena perlengkapan rumah tangga menggunakan energi listrik, terlebih untuk urusan pekerjaan baik itu indurstri besar ataupun kecil semua memerlukan listrik untuk menjalankan roda bisnis dimasing-masing lini.
Gambar alur : pembangkit listrik tenaga panas bumi

Adapun listrik itu sendiri bisa di timbulkan dari berbagai macam sumber yang di antaranya :
A) Pembangkit listrik tenaga air (PLTA)
PLTA merupakan pembangkit listrik yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Energi yang di bangkitkan dari tenaga PLTA ini biasa di sebut sebagai hidroelektrik. Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah motor yang di hubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air.
Dari danau atau bendungan, air di alirkan melalui terowongan dengan ketinggian 100 meter atau lebih. Di ujung terowongan dipasang turbin, dimana air akan mengubah energi potensial air menjadi energi mekanik yang sebesar-besarnya. Perputaran turbin dapat digunakan untuk menghidupkan generator, listrik kemudian di atur tekanan dan tegaanya oleh tranformer, sehingga dapat digunakan langsung untuk kebutuhan sehari-hari.

B) Pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD)
Pada intinya, prinsip kerja tenaga diesel sama dengan PLTA yaitu menghidupkan generator sebagai pembangkit tenaga listrik. Tetapi turbin di gerakkan menggunakan mesin diesel yang telah di isi dengan bahan bakar berupa solar. Pembangkit listrik ini merubah energi kimia menjadi energi kimia. PLTD ini sering di gunakan oleh industri maupun rumahan jika ada pemadaman listrik.

C) Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)
PLTN di gerakkan oleh tenaga nuklir, dimana tenaga nuklir merupakan tenaga yang timbul akibat pemecahan inti atom. Umumnya yang dipecah itu merupakan atom yang mempunyai inti yang berat seperti halnya uranium. Inti atom dapat pecah dengan cara menembak  eutron hasil peluruhan radioaktif yang lain.
Maka keluar tenaga panas yang kemudian di serap oelh suatu cairan penyerap panas yang kemudian di alirkan ke dalam air, sehingga air tersebut mendidih dan menguap, uap air inilah yang digunakan untuk menggerakkan turbin uap yang selanjutnya menggerakkan generator listrik.

D) Pembangkit listrik tenaga panas bumi
Pembangkit listrik ini menggunakan panas bumi sebagai pembangkit listrik, Indonesia di karunia banyak sumber energi panas bumi, untuk membangkitkan sumber panas bumi bisa dilakukan dengan mengebur tanah di daerah dengan potensi adanya panas bumi yang membuat lubang gas panas untuk di pergunakan memanaskan ketel uap (boler) sehingga uapnya bisa menggerakkan tubin yang tersambung ke generator yang bisa membangkitkan tenaga listrik.

E) Pembangkit listrik tenaga gas dan uap
Pembangkit listrik tenaga ini berfungsi untuk mengubah energi panas (hasil pembakaran bahan bakar dan udara) menjadi energi listrik yang bermanfaat.

Terkait Pengetahuan Umum Lihat Juga

Prinsip Dasar Tenaga Pembangkit Listrik
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email