Tips Menghadapai Ujian Nasional Terbaru

Mendengar kalimat "ujian nasional"  rasanya membuat para sebagian orang menjadi psimis and menakutkan, padahal sebenarnya kalau kita udah memiliki persiapan yang matang pasti yakin akan hasilnya. yang banyak jadi persoalan ketika ujian nasional datang banyak pelajar yang belum siap dan was-was akan hasil nantinya yang akan di capai. perasaan tersebut menurut penulis sangatlah wajar dan manusiawi, tapi jangan sampai gara-gara tersebut membuat rekan menjadi kurang optimal bahkan gagal dalam ujian akhir nasional.

Bagi rekan yang sedang akan mengikuti ujian nasional, ada berbagai persiapan harus dilakukan oleh para siswa kelas akhir dari berbagai tingkatan mulai tingkat SD/MI ( Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah ), SLTP/MTs ( Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dan Madrasah Tsanawiyah ) dan juga SLTA / SMK ( Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan ). agar hasilnya maksimal rekan harus mempersiapkan berbagai macam hal dalam menghadapi ujian nasional.

Berikut Beberapa Tips untuk menghadapi ujian akhir sekolah :

1) Persiapkan diri dengan banyak berlatih dengan soal
Sebenarnya dari tahun ketahun soal dari ujian nasional tidak jauh berbeda. Untuk itu banyak banyaklah berlatih soal, pahami setiap bentuk soal. Pada dasarnya yang berbeda hanyalah susunan kalimatnya saja, konsepnya tetap sama. pahami konsepnya dengan sering berlatih mengerjakan latihan soal dari ujian nasioanl tahun-tahun sebelumnya.

2) Persiapan diri yang matang dan tetap percaya diri
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian. Yakinlahpada diri kamu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik. Karena percaya diri merupakan poin penting dari salah satu kesiapan dalam ujian nasional. Tanpa adanya kepercayaan diri terkadang otak kita bisa blank hilang konsentrasi. 

3) Jangan lupa berdoa
Sebagai mahluk ciptaan Tuhan, sebelum kita mulai mengerjakan dan sesudah mengerjakan soal ujian nasional jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar diberikan hasil yang baik. Kita hanya bisa berusaha, Tuhan yang menentukan. Tuhan senantiasa akan melihat kesungguhan usaha kita. Tuhan pun akan melihat kesungguhan hambaNya untuk melakukan suatu usaha jika hambaNya mengiringi usahanya tersebut dengan berdoa. yang terpenting bagi rekan adalah rekan sudah berusaha semaksimal mungkin.

4) Baca dan cermati soal yang ada, kemudian kerjakan yang paling mudah dulu
Baca dan cermati soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. usahakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban. hal ini akan meringankan rekan semua.

5) Berhati-hatilah dalam mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK)
Dalam mengisi Lembar Jawab Komputer (LJK) rekan harus hati-hati, jangan sampai gara-gara masalh sepele ini rekan ndak lulus ujian, misal karena ; terlipat , lembar LJK berminyak, jika hal ini terjadi yang ditakutkan adalah tidak mesin scanner tidak dapat mendeteksi jawaban rekan.

6) Jagalah kesehatan
Mulai sekarang jagalah kesehatan rekan, bisa dengan berolah raga secara teratur, lari pagi setelah sholat shubuh, atau apapun itu. Dengan sendirinya gairah belajar kamu akan meningkat. karena itu jangan sepelekan masalah ini ya :D

7) Sisihkan beberapa menit untuk memeriksa ulang jawabanmu.
Sebelum waktu berakhir usahakan untuk memeriksa ulang lebar kerja yang sudah di kerjakan, hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. 

Itu tadi beberapa ulasan tips untuk menghadapi Ujian Nasional, dan selamat mengikuti ujian nasional ya, semoga berhasil. dan jika seandainya rekan tidak lulus, janganlah frustasi karena ini bukan akhir dari segalanya.



Terkait Materi SD Materi SMK/SMA Materi SMP Pengetahuan Umum Lihat Juga

Tips Menghadapai Ujian Nasional Terbaru
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email