Tujuan Penelitian Ilmiah

Dalam mempelajari mata kuliah metodologi penelitian, mahasiswa di tuntut untuk mengerti maksud dan tujuan dari metode penelitian, terlepas dari itu mahasiswa juga harus tau tujuan diadakannya penelitian ilmiah dimana ada beberapa tujuan dari penelitian ilmiah yang di antaranya :

Eksplorasi bertujuan untuk :
semata-mata ingin memuaskan hasrat ingin tahu agar memperoleh pemahaman lebih jelas tentang peristiwa yang terjadi
memperoleh tingkat kelayakan melakukan penelitian yang lebih teliti, careful study
mengembangkan metode2 yang hendak digunakan dalam penelitian.
Misalnya, untuk apa warga  masyarakat kota Y mengakses informasi dari internet; kelas masyarakat mana sebagai pelanggan surat kabar Z

Eksplanasi adalah suatu penelitian yang bertujuan mengungkapkan hubungan antara dua atau lebih variabel dari suatu fenomena.
Misalnya, konsep ‘komputer’ terdapat tiga variabel yakni ‘hardware’, ‘software’ dan ‘brainware’. Jika seseorang meneliti tentang rasa ingin tahunya tentang : berlangganan surat kabar apa saja warga kelurahan K, maka penelitian ini merupakan penelitian deskripsi. Namun bila peneliti tersebut bertanya mengapa sejumlah orang memilih surat kabar X, sedangyang lain memilih surat kabar Z, maka yang demikian merupakan penelitian ekplanasi/menjelaskan.


Deskripsi adalah suatu penelitian yang bertujuan menyajikan secara teliti tentang karakteristik yang sangat luas dari suatu populasi.
Sebagai contoh ‘sensus’, menggambarkan tentang : umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, agama, penghasilan, penggunaan media massa.
Dikatakan deskriptif karena menguraikan, misalnya : jenis kelamin, umur, agama, pekerjaan, pendidikan.
Dikatakan deskriptif-kuantitatif karena dari tiap yang diuraikan tersebut dinyatakan jumlah dan atau presentasinya.




Terkait Materi Kuliah Lihat Juga

Tujuan Penelitian Ilmiah
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email