Pengertian dan Fungsi Jaringan Komputer

Seiring dengan perkembangan dunia IT, komputer sudah masuk ke semua elemen masyarakat, ntah itu pelajar, pekerja, ataupun anak-anak. dalam dunia komputer kita mengenal yang namanya jaringan komputer, lalu apa maksud / pengertian jaringan komputer dan apa fungsi dari jaringan komputer itu sendiri ? dalam artikel kali ini saya akan mencoba menjawabnya.

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang berdiri sendiri (Stand alone) yang dihubungkan menggunakan berbagai media penghubung. Komputer-komputer dalam sebuah jaringan saling berkomunikasi, bertukar informasi, dan dapat menggunakan resources yang dapat digunakan bersama melalui sebuah media. Resources ini dapat berupa hardware seperti printer, harddisk, faksimili, program aplikasi, internet dan lain sebagainya.

Fungsi Jaringan Komputer
Banyak hal yang bisa kita manfaatkan dengan adanya jaringan komputer, terdapat banyak fungsi dari jaringan komputer itu sendiri yang diantaranya :
  • Mempercepat proses berbagi data (sharing data). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan. Hal ini sangat mempermudah user dalam memperoleh data yang diinginkan.
  • Lebih hemat dari segi biaya atau sumber daya lebih efisien dari metodhe / cara lain. Misalnya, dengan satu printer dapat digunakan untuk banyak pengguna /user.
  • Menjaga informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik oleh komputer server memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses. Hal ini sudah diterapkan di dunia perusahaan ataupun instansi pemerintahan, dengan begitu data akan lebih mudah diakses dan membantu proses dalam pengerjaannya.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai pengertian dan fungsi ataupun manfaat dari jaringan komputer, tentunya sekali manfaat yang bisa anda peroleh dalam menggunakan jaringan komputer.

Terkait Pendidikan Komputer Lihat Juga

Pengertian dan Fungsi Jaringan Komputer
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email