Tingkatan Android, Sistem Operasi Android

Sistem operasi android sejak kumuculannya pada tahun 2005 oleh google sudah menampakkan gejala positif untuk mobile operating system, terlebih adroid mengadopsi sistem operasi linux yang free licence yang artinya bebas di gunakan dan di kembangkan membuat android semakin populer. dengan begitu banyak pengembang software maupun hardware tertarik untuk ikut ke dalam proyek ini, sehingga semakin banyak aplikasi yang ada di dalamnya dan semakin banyak perangkat mobile yang support dengan sistem operasi android berbasis os mobile ini.

Didalam arsitektur android terdapat tingkatan android system operating, yang untuk saat ini terdapat lima tingkatan android yang diantaranya :

  1. Linux kernel, merupakan kernel dasar dari android. Pada tingkatan ini berisi semua driver - driver perangkat tingkat rendah untuk komponen-komponent hardware perangkat android
  2. Libraries, tempat dimana berisi semua kode program yang menyediakan layanan-layanan utama sistem operasi android. Misalnya pada library SQLite yang menyediakan dukungan database sehingga aplikasi android dapat menggunakannya untuk menyimpan data, dan ada banyak library2 lain yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing
  3. Android Runtime, merupakan tingkatan dimana kedudukannya setingkat dengan library. dalam android runtime menyediakan kumpulan pustaka inti yang dapat di aktifkan oleh pengembang untuk menulis kode aplikasi android dengan bahasa pemprograman java. misal dalam Dalvik yang merupakan mesin semu yang dirancang khusus untuk android yang dapat mengoptimalkan daya battery perangkat perangkat bergerak dengan memory dan CPU Android yang terbatas.
  4. Application Framework, merupakan sekumpulan class built-in yang tertanam dalam sistem operasi android sehingga pengembang dapat memanfaatkannya untuk aplikasi yang sedang dibangun/dibuat.
  5. Apllications, hampir sama pengertiannya dengan program aplikasi yang terdapat dalam komputer, yang paling sering digunakan oleh user/pengguna dalam suatu aplikasi. misalnya : contact, browser, chatt, phone, game, dan beberapa aplikasi lainnya yang semuanya itu mempunyai fungsi masin-masing yang lebih mendetail.
Itu tadi penjelasan mengenai tingkatan android dalam sistem operasi berbasis android, dan semoga menambah wawasan rekan semuanya.

Terkait Pengetahuan Umum Lihat Juga

Tingkatan Android, Sistem Operasi Android
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email