Cara Menggunakan Printer dan Merawat Printer

Cara menggunakan printer serta merawat printer agar tetap dalam kondisi yang baik perlu kita lakukan, layaknya perangkat elektronik lainnya printerpun juga perlu di rawat agar printer tetap berfungsi sebagai mana mestinya yakni sebagai alat / perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mencetak dokument ataupun menscan dokument dan beberapa fungsi lain yang biasanya ada pada printer. tips dan trik cara menggunakan printer dan merawat printer perlu aanda baca jika anda berencana untuk membeli printer atau sudah mepunyai printer, namun jika anda baru akan membeli printer saya sarankan untuk membaca artikel saya sebelumnya macam-macam jenis printer agar anda tahu dan tidak salah pilih jenis printer yang mana yang akan anda beli.

Tips sederhana untuk mengerti cara menggunakan printer dan merawat printer yang baik ini bisa anda terapkan pada printer anda, karena menggunakan printer dan merawat printer gampang-gampang susah.

Berikut Tips Cara Menggunakan Printer dan Merawat Printer yang Baik
  • Pertama setelah membeli printer bacalah terlebih dulu buku petunjuk (manual) yang disertakan printer. Meskipun hal ini kelihatan sepele namun hal ini jangan anda remehkan, Meskipun sudah berpengalaman, namun ada beberapa informasi yang harus diketahui untuk tipe printer jenis tertentu. Bagian penting yang wajib dibaca dalam buku petunjuk adalah cara menginstall ke dalam komputer. Perhatikan juga peringatan khusus yang ditulis dalam buku tersebut. 
  • Pastikan listrik yang anda digunakan stabil, karena jika listrik tidak stabil bisa merusak printer itu sendiri, jika merasa perlu anda bisa menambhakn stabiliser agar aman
  • Pasanglah tinta sesuai prosedur. Pada printer tipe inkjet, saat pertama kali dihidupkan, printer akan menghabiskan beberapa menit untuk melakukan cleaning. Jangan pernah mematikan komputer yang sedang melakukan proses cleaning.
  • Jagalah kebersihan. Jika tidak digunakan, sebaiknya printer ditutup dengan kain—apalagi jika tinggal di daerah berdebu. Penutupan ini tidak hanya pada bagian atas, tapi juga menutupi seluruh tubuh printer. Serangga seperti kecoa, tikus, semut, dan sebagainya, bisa menyebabkan kerusakan parah pada mainboard printer. Juga jangan dibiasakan makan dekat printer, karena sisa/potongan makanan dapat mengundang serangga yang bisa menyebabkan kerusakan printer.
  • Usahakan jangan menggunakan tinta /catridge palsu. jangan sampai karena faktor ekonomis malah jadinya anda keluar duit banyak untuk service printer. Kerusakan yang paling umum ditimbulkan olah tinta palsu adalah jebolnya mainboard printer. Biaya yang harus dibayar untuk mengganti (umumnya tidak bisa diperbaiki) mainboard jelas tidak sebanding dengan penghematan yang diraih karena menggunakan tinta palsu.
  • Cartridge tinta tak hanya berisi tinta saja. Bagian dalam beberapa merek printer, mengandung mekanisme penyeimbang tekanan udara, nozzle, dan sirkuit elektronik. Masing-masing komponen tersebut bekerjasama dan berkalibrasi sehingga menghasilkan tetesan tinta yang tajam, akurat, dan anti bocor. Dengan mengisi ulang, sinkronisasi kerja setiap komponen akan terpengaruh sehingga tinta bisa bocor dan hasil cetak menjadi tidak tajam. Tinta palsu tidak memiliki kekentalan dan ukuran partikel yang standar sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada printhead. Pada printer laser, tinta palsu juga berpeluang besar membuat rusaknya mainboard.
  • Untuk printer laser, sebelum memasang toner, sebaiknya toner diguncang-guncang dulu (sesuai petunjuk di pembungkus toner) untuk menghindari penggumpalan toner karena penyimpanan dalam waktu lama.
  • Simpan media cetak (kertas, transparansi, atau material lain) pada tempat yang kering. Jaga agar media tidak terlipat, keriput atau bergelombang. Hindari penggunaan kertas yang berdebu, tepinya tidak rata (bekas sobekan), bekas fotokopi, karena dapat mengakibatkan kertas tersangkut dalam printer, hasil cetakan tidak tajam, atau bahkan merusak tinta/toner.
  • Untuk printer warna, diupayakan menggunakan warna-warna yang ada secara seimbang. Hindari penggunaan warna tertentu secara sering, khususnya pada printer yang menempatkan ketiga tinta warnanya dalam satu wadah. Pada printer jenis ini, jika salah satu warna habis, maka printer akan menggunakan komposisi warna lain untuk sebisa mungkin membuat warna yang akan dicetak. Selain hasilnya tidak seperti yang di inginkan, juga bisa merusak printer. Pada printer inkjet, warna yang habis akan mengering dan bisa menyebabkan terganggunya suplai tinta pada printhead.
  • Gunakan media (kertas, transparansi, atau material lain) sesuai dengan spesifikasi yang tercantum pada buku petunjuk. Media merupakan faktor penting dalam menghasilkan kualitas cetakan yang prima. Umumnya, tinta yang dibuat oleh vendor tertentu akan menghasilkan kualitas maksimal jika digunakan untuk mencetak dengan printer bermerek yang sama.
  • Hindari penggunaan printer yang jarang, karena sama seperti perangkat komputer lainnya jika jarang dipakai malah beresiko rusak, jadi setidaknya 2minggu sekali anda tes untuk mengeprint agar tinta yang ada tidak kering dan komponent printer yang ada berjalan normal.
Itu tadi beberapa tips yang bisa anda jadikan acuan untuk menggunakan printer dan merawat printer agar selalu dalam kondisi optimal, dan mencegah kerusakan printer yang diakibatkan dari kelalaian dalam penggunannya.

Terkait Pendidikan Komputer Tips Komputer Lihat Juga

Cara Menggunakan Printer dan Merawat Printer
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email