Tips mencegah printer agar tidak mudah rusak

Tips mencegah printer agak tidak rusak perlu dilakukan agar hal-hal yang kelihatannya sepele tapi membuat efek yang fatal pada printer anda, terlebih jika printer yang anda gunakan sampai rusak artinya anda harus siap merogoh kocek yang dalam untuk memperbaiki printer anda yang rusak. untuk menhindari hal-hal yang bisa membuat printer anda rusak alangkah baiknya memperhatikan beberapa faktor berikut agar printer anda awet dan ndak gampang rusak.

Beberapa tips untuk mencegah printer anda agar tidak mudah rusak perlu anda perhatikan dan lakukan dalam rangka merawat printer anda supaya kesalahan-kesalahan dalam penggunaan printer bisa anda minimalisir dengan baik. Sebelumnya juga pernah saya singgung mengenai macam-macam jenis printer dan cara menggunakan printer yang baik.

Tips Mencegah Printer Agar Tidak Mudah Rusak
  • Jangan terlalu sering mematikan atau menghidupkan printer inkjet. Ini bisa menyebabkan cartridge tinta cepat habis (karena proses cleaning), dan juga menyebabkan power supply cepat rusak.
  • Hindari penggunaan data switch manual. Ini umumnya terjadi di perkantoran kecil dimana satu printer, terhubung dengan beberapa PC. Sebaiknya gunakan data switch otomatis, penggunaan versi manual bisa menimbulkan kejutan listrik yang mengakibatkan interface printer atau CPU rusak. Kerusakan yang sama juga dapat terjadi jika printer dan komputer dalam keadaan aktif (ON), lalu kabel data dihubungkan.
  • Gunakan kertas sewajarnya, memakai kertas melampaui ketebalan yang diijinkan. Pada printer dot-matrix, bisa merusak platen roller, ribbon mask, dan printhead. Pada printer inkjet maupun printer laser, ini bisa merusak printhead printer anda.
  • Mengganti cartridge tinta tidak sesuai prosedur yang ada, jadi teliti terlebih dahulu sebelum mengganti catridge printer
  • Menggunakan ribbon (pita) yang sudah buram pada printer dot-matrix. Bila sudah tipis - karena sudah buram - pita printer dot-matrix bisa sobek dan menyebabkan kerusakan pada printhead, ribbon mask, dan RDA.
  • Mencabut kabel power saat printer sedang dalam keadaan hidup, tanpa menekan tombol on-off terlebih dulu. Ini menyebabkan posisi printhead tidak tepat berada pada kotaknya (Head Cap), sehingga menyebabkan head kering dan rusak, hal ini jika dilakukan terus menerus maka dijamin printer anda akan rusak total
  • Menghubungkan kabel paralel saat printer sedang dihidupkan. Ini bisa merusak interface printer. Sebaiknya matikan dulu printer sebelum kabel paralel dihubungkan. Ini berlaku untuk semua jenis printer.
  • Melepas tinta /catridge dari printer. Ini umum dilakukan oleh pengguna yang ingin meninggalkan printernya dalam jangka waktu lama. Sebaiknya biarkan tinta tetap pada printer.
  • Jika kertas tersangkut pada printer, jangan menggunakan alat yang tajam untuk melepas kertas. Ini bisa menyebabkan kerusakan pada komponen printer. Sebaiknya tarik kertas secara perlahan. Pada printer ink jet, jika masih ada kertas yang tersisa, nyalakan printer dan kertas akan otomatis tertarik keluar dengan sendirinya.

Tentunya tidak hanya diatas saja yang perlu anda perhatikan, ada banyak faktor lain yang mungkin tidak anda sadari bisa merusak printer anda, jadi gunakanlah printer sesuai prosedur yang ada, baik dari cara penggunaanya, kertasnya, catridge yang diguanakan, dan beberapa faktor lain yang juga perlu diperhatikan.

Terkait Tips Komputer Lihat Juga

Tips mencegah printer agar tidak mudah rusak
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email