Perangkat Keras Internet Beserta Fungsinya

Untuk koneksi internet, diperlukan perangkat keras internet yang nantinya bisa digunakan untuk konektivitas internet melalui perangkat keras seperti ; komputer/laptop, modem dan beberapa perangkat keras pendukung seperti hub dan juga router. Meskipun perkembangan media internet semakin mudah dan simple namun secara garis besar yang masih banyak digunakan ialah beberapa perangkat keras yang sudah disebutkan diatas. Pada artikel sebelumnya saya juga sudah membahas mengenai Pengertian Internet dan Sejarah Internet di Indonesia yang mungkin bisa anda baca dulu.

Agar bisa terkoneksi dengan internet sekarang ini banyak cara yang bisa digunakan, sebut saja dengan menggunakan akses kabel "standart", ataupun bisa menggunakan tanpa kabel/nirkabel atau istilah kerennya wifi yang sekarang bisa dinikmati langsung melalui laptop/netbook, tentunya pada saat ingin mengakses internet berada pada jangkauan area wifi.

1.Komputer/Laptop dan sejenisnya
Saya kira perangkat keras yang satu ini sudah bannyak yang tahu, karena komputer/notebook merupakan komponen perangkat keras utama dan dasar dalam internet. Namun untuk koneksi internet perlu memperhatikan perangkat keras komputer seperti misalnya ; processor, memory/RAM, hardisk, VGA Card, Monitor, dan beberapa komponent pendukung lainnya.

2. Modem
Pengertian modem itu sendiri berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Secara umum jenis modem yang sering digunakan oleh pengguna internet dibagi menjadi 2 yang diantaranya :
1. Modem Eksternal
Jenis modem ini paling sering digunakan saat ini. Seperti namanya, modem ini berada di luar CPU. Modem ini memiliki jenis macam juga. Ada modem yang menggunakan kartu, atau modem dial up, atau modem model lain"sesuai perkembangan".
2. Modem Internal
Jenis Modem internal ini biasanya ditancapkan pada slot yang berada di mainboard atau motherboard yang berada di CPU. Namun, jika kita menggunakan modem ini, rata-rata kecepatan terbatas sekitar 56Kbps. Modem internal ini sekarang jarang digunakan.

Dan perangkat pendukung seperti ;
Router
Router sendiri ialah sebuah perangkat yang memiliki kemampuan untuk menggabungkan 2 jaringan atau lebih untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya dalam suatu area tertentu berdasarkan spec dan kemampuan router itu sendiri.
HUB
HUB sendiri mempunyai fungsi sebagai media/alat share koneksi internet. Jadi, anda dapat membagi koneksi internet anda dengan teman dalam suatu area. HUB biasanya dipadukan penggunaannya dengan Router/Switcher dalam jaringan internet sekarang ini.

Itulah penjelasan singkat mengenai perangkat keras internet beserta fungsinya secara umum yang bisa penulis sharekan, dan dari beberapa penjelasan mengenai perangkat keras internet diatas harapanya anda sudah bisa memahami perihal perangkat keras yang dibutuhkan untuk koneksi internet.

Terkait Internet Pengetahuan Umum Lihat Juga

Perangkat Keras Internet Beserta Fungsinya
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email