Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

Fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia ~ Dalam keseharian manusia selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, namun apakah anda tahu fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia itu sendiri ? maka dari itu penting rasanya mengetahui makanan sehat yang mengadung karbohidrat dan mengtahui porsi karbohidrat yang seharusnya di butuhkan oleh tubuh manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Secara umum fungsi karbohidrat bagi tubuh memang menghasilkan energi bagi manusia, namun pembahasan secara lebih rinci mengenai fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia akan penulis jelaskan lebih detail disini

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

1) Menghasilkan energi 
Seperti yang kita ketahui,  selain menyehatkan karbohidrat merupakan zat makanan penghasil energi yang paling utama yang sering di temui dalam makanan sehari-hari. Sedangkan arti Energi sendiri ialah kemampuan untuk melakukan kerja. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam tubuh  berupa monosakarida, yang cara kerjanya karbohidrat diedarkan oleh hati ke dalam sel-sel tubuh. Dengan adanya oksigen maka monosakarida teroksidasi dan dibawa oleh darah dari hati ke seluruh bagian tubuh manusia, dimana hasil dari oksidasi adalah panas atau kalori. Dari Panas yang terjadi selanjutnya diubah oleh tubuh menjadi energi/tenaga untuk beraktifitas/bergerak. Sehingga secara umum jika semakin banyak pergerakan otot, maka semakin banyak pula karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

2) Memberikan efek rasa kenyang 
Sebagian besar makanan yang mengandung karbohidrat tinggi akan memberikan rasa kenyang, Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan selulosa yang terdapat dalam bahan makanan berkarbohidrat.

3) Memberikan cadangan tenaga bagi tubuh manusia
Kelebihan utama dari karbohidrat ialah jika seseorang mengkonsumsi makanan berlebihan yang mengandung karbohidrat, maka tidak langsung dibuang oleh tubuh manusia, melainkan disimpan dalam tubuh yang nantinya bisa di manfaatkan oleh tubuh ketika membutuhkan banyak karbohidrat seperti aktifitas tubuh yang meningkat, berolahraga, kerja keras, dan aktifitas yang memerlukan fisik lainnya.
Kebutuhan karbohidrat pada manusia bervariasi, karena jumlah karbohidrat dalam makanan yang kita konsumsi tidak selalu seimbang dengan jumlah karbohidrat yang diperlukan. misalnya saja jika aktifitas sedikit maka konsumsi karbohidrat juga harus sedikit, karena tubuh hanya memerlukan sedikit karbohidrat.
Namun perlu di ketahui juga jika terjadi kelebihan karbohidrat terlalu banyak dan berlangsung dalam waktu lama, maka Kelebihan karbohidrat akan tersimpan dalam bentuk lemak di bawah jaringan kulit. Jika hal ini dibiarkan  dapat menyebabkan terjadinya kelebihan berat badan yang menimbulkan kegemukan atau obesitas.
fungsi karbohidrat bagi tubuh
Jenis dan Kandungan Karbohidrat yang terkandung dalam umbi-umbian

Begitupun sebaliknya jika tubuh manusia kekurangan karbohidrat dalam kurun waktu yang cukup lama bisa berakibat terjadinya defisiensi zat gizi yang berdampak pada munculnya penyakit tertentu, seperti busung lapar, dan penyakit lainnya. Hal ini terjadi karena kandungan karbohdrat pada tubuh di pergunakan untuk aktifitas yang sumbernya dari cadangan energi yang berasal dari lemak dan protein pada tubuh. Jika hal ini terus berlangsung tanpa ada upaya pencegahan makan cadangan protein dan lemak akan semakin berkurang dan tentu Hal ini sangat membahayakan kesehatan manusia.  

Terkait Kesehatan Pendidikan Umum Lihat Juga

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email