Cara Mengecek Data PNS di BKN

Cara Mengecek Data PNS di Website BKN ~ Pada akhirnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan kesempatan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengecek datanya yang ada di database BKN melalui laman resmi yang sudah disediakan BKN untuk mengecek data kepegawaian PNS melalui online, dengan begitu para PNS dapat melihat data status kepegawaiannya di website resmi http://www.bkn.go.id. yang mana Data PNS yang ditampilkan seperti; nama, jabatan, golongan ruang, pendidikan terakhir, instansi kerja, kedudukan PNS, dan sejenisnya akan ditampilkan. Meskipun dengan adanya ini ada juga sisi positifnya namun tak dipungkiri, dengan adanya pengecekan data kepegawaian PNS ini akan memudahkan pihak-pihak untuk melakukan kejahatan online, maka dari itu perlu dijaga baik-baik kerahasiaan NIP Anda jika merupakan seorang PNS.

Bila ternyata data yang ditampilkan di website BKN tidak sesuai dengan data kepegawaian anda, maka anda bisa mengajukan untuk memperbaikinya di masing-masing kantor BKD tingkat kabupaten/kota sesuai anda tinggal. Karena Data yang ditampilkan di website BKN berdasarkan keadaan data yang diterima oleh BKN dari BKD masing-masing pemerintah provinsi dan BKD pemerintah kabupaten/kota setempat. Jadi Jika data anda tidak sesuai harap hubungi BKD atau Biro Kepegawaian di instansi saudara dengan membawa dokumen yang otentik sesuai yang diinginkan.

Untuk mengecek kevalitan data kepegawaian PNS ini sebenarnya tidaklah susah, karena Anda hanya diharuskan memasukkan NIP PNS yang barang tentu harus anda tahu, jika anda sekarang berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Berikut Cara Mengecek Data PNS di BKN
  • Silahkan kunjungi website resmi BKN, yang bisa anda cek dengan KLIK DI SINI
  • Selanjutnya setelah terbuka, masukkan NIP PNS baru Anda dan klik tombol "Tampilkan" untuk mengetahui data kepegawaian PNS.

  • Tunggu beberapa saat hingga data kepegawaian PNS ditampilkan, seperti;nama, jabatan, golongan ruang, pendidikan terakhir, instansi kerja, kedudukan PNS, dan sejenisnya.
Selain itu, akhir-akhir ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau biasa di singkat (PAN-RB) juga telah meluncurkan layanan email khusus untuk PNS yang sifatnya gratis, dimana dengan nama PNSMail. Layanan email yang berdomain @pnsmail.go.id ini merupakan fasilitas email gratis yang nantinya akan diperuntukkan bagi seluruh PNS di seluruh NKRI.

Terkait Dinas Pendidikan Lihat Juga

Cara Mengecek Data PNS di BKN
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email