Jenis Toefl serta Perbedaan dari Toefl ITP dan iBT

Pada kalangan akademisi di Indonesia Tes Toefl mungkin sudah familiar, namun sebagian darinya belum begitu paham mengenai Jenis Toefl serta Perbedaan dari Toefl ITP dan iBT. Tes Teofl sendiri di bagi menjadi beberapa jenis yang mempunyai maksud dan fungsi sendiri-sendiri dengan standart penilaian yang berbeda-beda pula, semisal saja tes toefl untuk cpns, tes toefl untuk tes akademik sebagai persyaratan kelulusan sarjana strata 1 dan 2, toefl untuk melamar kerja, toefl untuk mendaftar di universitas luar negeri, toefl untuk mendaftar beasiswa S2, dan masih banyak lagi fungsi dan jenis tes toefl yang ada.

Terlepas dari fungsi toefl yang bermacam-macam, secara umum tes toefl di bagi menjadi beberapa metode / jenis yang sudah umum dikenal, yakni TOEFL ITP dan iBT, dimana masing-masing jenis tes toefl ini mempunyai pengertian dan metode pen skoran yang berbeda, lalu mungkin anda bertanya apa perbedaan TOEFL ITP, TOEFL iBT dan TOEFL CBT ?

TOEFL ITP
Pertama, Toefl ITP (Institutional Testing Program) sesuai namanya, merupakan tes teofl yang di adakan oleh institusional di wilayah lokal seperti misalnya di universitas, untuk persyaratan agar lulus S1/S2. Sehingga sesuai namanya, jenis TOEFL ITP ini berlaku khusus untuk negara-negara Asia, namun meskipun Toefl jenis ini sudah tidak berlaku untuk seluruh dunia namun ada beberapa institusi pendidikan di Indonesia dan Luar yang bisa menerima / masih bisa digunakan untuk prasyarat pengajuan beasiswa luar negeri seperti ; ADS, StuNed, DAAD, dan sejenisnya. TOEFL ITP ini skornya di ambil dari 3 bagian/sesi test yang diantaranya ; Listening, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. dimana masing-masing mempunyai waktu dan bobot penilaian yang berbeda.

Listening
Jumlah soal : 50 soal
Waktu kerja : 30-40 menit
Terbagi menjadi 3 bagian, yaitu; Part A, Part B, Part C.

Structure and Written Expression
Jumlah soal : 40 soal
Waktu kerja : 25 menit
Yang biasanya Terbagi menjadi 2 bagian, yaitu
Part A : Berupa soal dengan jawaban pilihan ganda
Part B : Berupa soal untuk memilih jawaban yang salah

Reading Comprehension
Jumlah soal : 50 soal
Waktu kerja : 55 menit

Untuk TOEFL ITP ini anda tidak perlu khawatir jika menjawab salah, karena untuk jenis tes toefl model ini jawaban salah tidak ada pengurangan nilai dengan kata lain jika jawaban anda salah maka nilai anda tidak dikurangi, Adapun skor untuk TOEFL ITP ini berkisar 310 (untuk skor terendah) sampai 677 (untuk skor tertinggi).

TOEFL iBT
Kedua, TOEFL iBT merupakan jenis produk tes TOEFL terbaru yang dikeluarkan oleh English Testing System. Dimana TOEFL iBT ini merupakan pengganti dua jenis tes TOEFL pendahulunya yakni jenis TOEFL PBT (Paper Based Test) dan TOEFL CBT (Computer Based Test). Meskipun TOEFL PBT (atau lebih sering disebut ITP) masih sering digunakan di Indonesia, namun TOEFL jenis ITP tidak bisa digunakan disuluruh dunia (terbatas). beda dengan jenis TOEFL iBT yang sudah diakui sebagai tes kemampuan bahasa Inggris untuk sekarang ini.

Tes TOEFL iBT ini terbagi menjadi 4 sesi ujian, yang diantaranya; Reading, Listening, Speaking, dan Writing.

Reading
Jumlah bacaan : 3-5
Jumlah soal : 12-14 soal
Waktu kerja : 60-100 menit

Listening 
Terbagi atas 2
Part A : Percakapan
Jumlah percakapan : 2-3 percakapan
Jumlah soal : 5 soal

Part B : Materi Kuliah
Jumlah materi : 4-6 materi
Jumlah soal : 6 soal tiap materi

Waktu kerja keseluruhan : 60-90 menit

Speaking
Jumlah soal keseluruhan : 6 soal
Terbagi menjadi
Soal independen : 2 soal
Soal terintegrasi : 4 soal

Waktu kerja keseluruhan : 20 menit

Writing
Jumlah soal keseluruhan : 2 soal
Terbagi menjadi
Soal terintegrasi : 1 soal
Waktu kerja : 20 menit

Soal independen : 1 soal
Waktu kerja : 30 menit

Jenis tes TOEFL iBT ini sudah menggunakan komputer yang sudah tersambung internet, dimana  setiap jawaban yang diberikan akan direkam oleh komputer dan dikirim langsung ke ETS (English Testing System). dan jika anda dinyatakan lolos maka untuk sertifikatnya sendiri akan sampai ke alamat anda dalam waktu yang cukup lama yakni sekitar 1-2bulan setelah pengumuman lolos, dengan biaya sekitar Rp 2jutaan. Adapaun untuk skor pada TOEFL iBT berkisar dari 0 sampai 120.

Terkait Jenis Toefl TOEFL Lihat Juga

Jenis Toefl serta Perbedaan dari Toefl ITP dan iBT
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email

1 comments:

February 12, 2015 at 8:52 PM delete

This is important to remember while you are browsing IELTS or TOEFL preparation course, if you are planning on applying for citizenship or collage and intend to use your results as an entry requirement.

improve TOEFL scores

Reply
avatar