5 Tips Menjaga Keamanan Perangkat Android

5 Tips Menjaga Keamanan Perangkat Android - Ada banyak malware yang mengintai dan siap menyerang perangkat Android Anda kapanpun bahkan tanpa Anda sadari. Oleh sebab itu, menjaga keamanan perangkat Android Anda menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar data-data yang tersimpan di dalam perangkat android juga aman.

5 Tips Menjaga Keamanan Perangkat Android
Berikut beberapa tips dari para Security Expert yang bisa membantu Anda untuk menjaga tingkat keamanan perangkat Android.

1. Perhatikan Password
Pertama Anda perlu memperhatikan password yang Anda gunakan dan pastikan password tersebut sulit untuk bisa ditebak oleh orang lain. Perhatikan pula hak akses (permissions) dari aplikasi Android agar Anda bisa mengetahui dimana Anda melakukan proses download dan install aplikasi. Hal ini juga bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya pencurian data. Sebaiknya Anda tidak menggunakan kembali username sebagai password.

2.  Keamanan Aplikasi
Tersedia aplikasi Android yang mampu memindai malware dan menghapusnya dari jarak jauh serta mengunci data jika perangkat Android hilang ataupun dicuri. Akan tetapi Anda tidak boleh mengandalkan aplikasi tersebut sebagai vaksisnasi perangkat akibat kecerobohan saat mengunduh tanpa memperhatikan tingkat keamanan dari perangkat Anda.

3. Enkripsi
Salah satu metode yang bisa Anda gunakan untuk menjaga keamanan data dan file Anda ialah metode enkripsi. Metode ini memungkinkan data dan file Anda terlindungi dari cyber crime.

4. Gunakan VPN
Untuk mengamankan koneksi yang sedang dilakukan seperti jaringan WiFi publik Anda bisa menggunakan VPN (Virtual Private Networking). Anda bisa mencari VPN client ataupun jasa yang mampu bekerja dengan baik pada perangkat Anda.

5.  Perhatikan Layanan yang Berjalan

Hal terakhir yang disarankan oleh para security expert ialah membatasi layanan yang tidak diperlukan, membersihkan cache, serta menjaga setiap pengaturan pada browser diyakini bisa menjaga keamanan perangkat android anda. Selain itu, minimalkan pula penggunaan beberapa fitur seperti Bluetooth, GPS, dan WiFi.

Terkait Android Tips Android Lihat Juga

5 Tips Menjaga Keamanan Perangkat Android
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email