Macam Macam Bilangan dalam Matematika dan Contohnya

Macam macam bilangan dalam matematika sebenarnya mempunyai banyak macamnya, namun kamu harus mengetahui setidaknya ada 10 macam bilangan dalam matematika yang sering digunakan dalam ilmu matematika. Namun sebelum mengetahui macam macam bilangan dalam matematika dan contohnya, kamu harus tahu dulu pengertian bilangan / definisi bilangan itu sendiri.

Definisi / Pengertian Bilangan
Bilangan adalah suatu ide yang bersifat abstrak yang akan memberikan keterangan mengenai banyaknya suatu kumpulan benda. Lambang bilangan biasa dinotasikan dalam bentuk tulisan sebagai angka, lalu apa beda bilngan dengan angka dan nomor ?

Macam Macam Bilangan dalam Matematika dan Contohnya
Terdapat banyak sekali macam macam bilangan yang ada dalam ilmu matematika, namun disini penulis akan membagikan 10 macam bilangan yang sering digunakan dalam matematika, yang diantaranya :

1. Bilangan Asli

Bilangan Asli adalah bilangan bulat yang hanya positif . Contoh:  1,2,3,4,5,6,7,8, 9, dst..

2. Bilangan Bulat

Bilangan Bulat adalah bilangan yang terdiri dari seluruh bilangan baik yang negatif, nol dan positif atau bilangan yang terdiri dari bilangan cacah dan bilangan negatif. Contoh: -2,-1,0,1,2,3,4,5, dst..

3. Bilangan Cacah

Bilangan cacah adalah bilangan bulat positif digabung dengan nol. Contoh: 0,1,2,3,4,5,6,7

4. Bilangan Prima

Bilangan prima adalah bilangan-bilangan  asli yang hanya bisa dibagi dirinya sendiri dan satu, atau bilangan yang memiliki 2 faktor, dan angka satu bukan bilangan prima. 

Contoh: ,3,5,7,11,13, dan untuk penjelasan dan contoh bilangan prima sudah pernah saya bahas lebih detail pada artikel Bilangan Prima 1-100

5. Bilangan Rasional

Bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan sebagai  p/q dimana p,q ϵ bulat dan q ≠ 0 atau dapat dinyatakan sebagai suatu bilangan desimal secara berulang ulang.

Contoh: -2,2/7,5,2/11, dst.

6. Bilangan Irasional

Bilangan rasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan sebagai: p/q atau tidak dapat dinyatakan sebagai suatu decimal berulang. Contoh: log 2, e, √7, i

7. Bilangan Imajiner

Bilangan imajiner adalah bilangan i (satuan imajiner) dimana i adalah lambing bilangan baru yang bersifat i2 = -1. Contoh: i, 4i, 5i

8. Bilangan Komplek

Bilangan kompleks adalah bilangan yang anggota-anggotanya (a+bi) dimana a, b ϵ R, i2 = -1, dengan a bagian riil dan b bagian imajiner.

9. Bilangan Riil

Bilangan riil adalah bilangan yang bisa dituliskan dalam bentuk decimal. Contoh: log 10, 5/8, -3, 0, 3

10. Bilangan Romawi

Bilangan romawi adalah sistem penomoran bilangan yang berasal dari romawi kuno dengan menggunakan huruf latin dalam melambangkan angka numerik.
Contoh:  I, II, III, IV, V, VI, VII, dst..

Demikian tadi macam macam bilangan dalam matematika dan contohnya yang setidaknya perlu kamu ketahui, pelajari juga perbedaan bangun datar dan bangun ruang, jika artikel diatas bermanfaat mohon untuk di bagikan ke temen-temen yang lain.

Terkait Matematika Materi SD Materi SMP Lihat Juga

Macam Macam Bilangan dalam Matematika dan Contohnya
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email

1 comments:

November 10, 2015 at 10:14 AM delete

Kalau kuliah jurusan komputer macam bilanganya lain, bilangan desimal, bilangan oktal, bilangan hexa desimal, bilangan biner. Hehehehehehe :p

Reply
avatar