Tips Cara Mengatasi Anak yang Minder

Kenapa anak minder ? Coba sempatkan bertanya kepada anak kenapa ia minder, pastikan anak selalu terbuka kepada orang tuanya sehingga kita lebih mudah mengatasi dan memberikan solusi kepada anak mengenai hal yang membuat anak minder. Apabila orang tua mengetahui penyebab anak minder, maka rutinlah untuk membuat pembicaraan yang memotivasi anak. Minder berbeda dengan malu atau sifat anak yang pemalu, minder adalah sifat anak yang perlu perhatian khusus karena banyak kekhawatiran karenanya. Jika kita perhatikan “malu” biasanya malu terjadi disebabkan oleh keadaan tertentu yang tidak sesuai dengan perasaan hati, sedangkan “pemalu” adalah sifat bawaan anak sejak lahir, namun pemalu ini adalah sifat yang wajar bagi anak dan tidak mempengaruhi sosialisasi anak. Berbeda sekali dengan minder, minder terjadi karena beberapa kondisi yang tidak pernah diharapkan seseorang dan bertolak belakang dengan keadaan semestinya. 

Anak yang minder memiliki tingkat sensitive yang tinggi dari anak-anak biasasanya, oleh karena itu sangat dilarang tindakan membully apapun tujuannya, bercanda dan sebagainya. Anak yang minder membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekatnya Karena pada dasarnya setiap anak memiliki rasa ingin diakui, diterima oleh orang lain. Maka ketika anak yang minder mendapatkan bullyan dari teman-temannya segeralah kita orang dewasa menghentikannya berikan perhatian pada batasan mana kita boleh bercanda. 

Tips Cara Mengatasi Anak yang Minder
Berikut beberapa tips atau cara mengatasi anak yang minder yang perlu Anda coba :
1. Berikan motivasi, motivasi adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi anak yang minder. Berikan motivasi tentang hidup, bahwa Tuhan meniptakan segala sesuatu berpasangan begitupun kekurangan, dibalik kekurangan selalu ada kelebihan. Beri anak semangat yang membangun, dan selalu sempatkan untuk mengajak anak mengenal dunia luar, agar anak berfikir banyak hal yang terlewatkan dengan minder.

2. Jadilah teman terbaik untuk anak, ketika anak memilih untuk diam dan tidak bermain dengan teman-temannya maka sebagai orang tua kita bisa memposisikan diri sebagai teman terbaik untuk anak. Buatlah anak terbuka kepada kita, dengan memulai obrolan yang menarik bersama anak, ajak anak untuk mengeksplor dirinya dengan wisata yang mengedukasi anak, seperti out bound.
Tips Cara Mengatasi Anak yang Minder

3. Berikan anak les, memberikan les kepada anak dengan tujuan memaksimalkan belajar anak, cara ini pun membantu mengatasi minder pada anak. kondisi tempat les yang lebih fleksible dengan siswa-siswi yang mudah diatur membuat anak minder jauh lebih mudah mengembangkan dirinya.

4. Berikan apresiasi, Ketika kita mengapresiasi anak yang minder secara tidak langsung anak akan merasa diakui dan diterima. Sehingga memicu anak untuk mulai memberanikan diri, ketika anak sudah mulai berani orang tua mengontrol memberikan arahan dan perhatian, sampai anak mulai menemukan cara sendiri untuk menstabilkan dirinya.

5. Sabar dalam memberi pengarahan, dalam mendidik anak memerlukan kesabaran ekstra terlebih apabila kita memiliki kasus cukup serius terhadap anak. Anak adalah titipan apapun dan bagaimanapun keadaannya harus dijaga dengan baik. Kesabaran dalam mendidik anak secara rutin membantu anak berfikir terbuka dan berkeinginan pula memberikan yang terbaik untuk orang tuanya sehingga anak belajar mengesampingkan penghalang yang menghadangnya, termasuk minder.

Dengan cara diatas, mudah-mudahan bisa mengatasi anak yang minder. dan tantangan Anda sebagai orang tua harus bisa mengatasi anak yang minder ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Terkait Cara Mendidik Anak Parenting Lihat Juga

Tips Cara Mengatasi Anak yang Minder
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email