Cara Mendidik Anak Agar Sabar

Cara Mendidik Anak Agar Sabar ~ Sabar adalah menahan diri. Baik itu menahan diri dari keinginan, atau menahan diri dari ujian dan cobaan. Pengertian diatas mungkin dapat dipahami oleh sebagian anak yang sudah berusia 9 tahunan ke atas. Nah, kemudian bagaimana cara mendidik anak di usia dini yang cenderung rewel dan tidak sabaran. Kita sebagai orang tua pun harus sabar dalam mendidik anak, jangan mudah memarahi anak karena disitulah masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak lebih mudah mengikuti apa yang pertamakali dilihat dan didengarnya maka tunjukanlah hal-hal yang baik dan ucapakanlah perkataan yang baik pada anak.
Cara Mendidik Anak Agar Sabar
Berikut beberapa tips cara mendidik anak agar sabar
1 - JADILAH GURU YANG BAIK
Orang tua adalah guru yang pertama sebelum anak memasuki bangku sekolah dan orang tualah yang akan mendidiknya pertama kali. Maka didiklah anak dengan baik penuh kasih sayang dan kesabaran, karena anak akan mengikuti apa yang diajarkan oleh gurunya. Maka pertamakali berilah anak pendidikan akhlak agar ia terbiasa dengan sifat-sifat yang baik terutama sabar.
2 – BERSABAR DALAM MENDIDIK ANAK
Sebelum kita mendidik anak agar sabar, maka kitalah yang terlebih dulu sabar. Apabila kita tidak sabar dalam mendidik anak atau bahkan cenderung sering memarahi anak khawatir anak akan mengikuti hal tersebut karena ia menganggap itu adalah hal yang biasa.
Cara Mendidik Anak Agar Sabar

3 – BERI PENGERTIAN PADA ANAK
Ketika anak rewel jangan segera memarahinya tapi biasakanlah untuk memberikan pengertian kepada anak dengan kata-kata yang baik. Jika ia menginginkan sesuatu namun itu tidak bermanfaat untuk anak, maka berilah pengertian bahwa sesuatu itu tidak baik dan akan lebih baik jika anak membeli sesuatu lain yang lebih bermanfaat, atau berikan pengertian bahwa kita tidak dapat memenuhinya saat itu. Namun jangan biasakan untuk menjanjikan sesuatu kepada anak, karena apabila kita tidak memenuhinya, maka itu mengajarkan anak kita untuk berbohong dikemudian hari.
4 – JANGAN MENGIKUTI APA YANG ANAK INGINKAN
Sebagian orang tua terpaksa mengikuti apa yang diinginkan anak dengan alasan agar ia berhenti menangis atau agar ia merasa nyaman dan tidak rewel. Hal ini akan mengajarkan anak menjadi manja dan akan senang hanya ketika keinginannya dipenuhi. Jika hanya sesekali saja mungkin itu tidak apa-apa dengan memberikan pengertian kita akan memberikan ia sesuatu jika ia sabar.
5 – ALIHKAN KEINGINANNYA DENGAN CARA YANG BAIK
Setiap anak jika dia berada ditempat keramaian kemudian dia melihat sesuatu yang unik dan ingin memilikinya ia akan sangat rewel agar orang tuanya memenuhi keinginannya, inilah sifat anak yang umum terjadi dan kebanyakan orang tua akan membiarkannya menangis atau memarahi anaknya, ini adalah cara yang buruk bagi anak. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan yaitu dengan mengajaknya ketempat lain menunjukan sesuatu yang menarik kepada anak, dan sesekali membuat obrolan yang menarik bersama anak.
Semoga bermanfaat !

Terkait Cara Mendidik Anak Parenting Lihat Juga

Cara Mendidik Anak Agar Sabar
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email