Berbagai Jenis Metode Menidurkan Bayi

Bayi mempunyai keunikan masing-masing dalam tumbuh kembangnya, begitupula dalam membiasakan waktu tidur dan metode yang dipakai untuk membuat buah hati Anda tertidur. Untuk itu, berikut kami akan menjelaskan beberapa metode yang bisa Anda sesuaikan dengan bayi Anda. Simak ulasannya dibawah ini.

Berikut Metode-metode Menidurkan Bayi

1. Metode ferberizing
Metode menidurkan bayi yang pertama yaitu  Metode ferberizing. Metode ini menidurkan bayi dengan membiarkan bayi menangis hingga tidur terlelap. Meski terkadang beberapa orangtua tidak menggunakan metode ini karena dianggap membuat bayi tidak nyaman dan malah menjadikan bayi menangis semakin keras. Padahal metode ini bisa Anda lakukan dengan alas an Anda mengetahui jadwal tidur bayi Anda, sehingga ketika bayi Anda menangis di saat waktunya untuk tidur, maka Anda bisa menggunakan metode ini dengan membiarkan si kecil menangis lebih panjang dari biasanya. Bagi Anda yang akan menggunakan Metode ferberizing ini Anda bisa memulainya dengan rutinitas di malam hari sehingga membantu menciptakan suasana tenang pada anak Anda dan menandakan waktu tidur. 
Kesulitan dalam menggunakan metode ferberizing yang dipopulerkan oleh Richard ferber ketika bayi menangis dan harus membiarkannya hingga 5 menit. Kemudian biarkan si kecil mendengarkan suara lembut Anda tanpa menggendongnya. Di malam berikutinya, Anda bisa memberi jeda 10 menit hingga bertahap 15 menit di malam-malam selanjutnya. Dalam metode ini Anda harus peka terhadap tangisan bayi Anda sehingga Anda bisa mengetahui penyebab bayi menangis apakah dikarenakan hal-hal yang harus diwaspadai seperti tersedak atau hal-hal lainnya.

2. Metode No Cry
Metode menidurkan bayi yang ke dua yatu Metode No Cry. Metode ini menitikberatkan kedekatan antara Anda dan bayi Anda sehingga Anda bisa menguranginya secara bertahap. Metode ini sangat cocok untuk Anda yang tidak menginginkan bayi Anda menangis di malam hari. Metode No cry ini yaitu menjaga waktu secara konsisten dan melakukan rileksasi yang menegangkan pada si kecil. Dalam melakukan metode ini yang Anda harus menjaga sepanjang malam bayi Anda sehingga Anda lebih dekat dengan buah hati Anda. Sentuhan lembut Anda yang mendekatkan bayi Anda dengan ASI akan membuatnya kembali mengantuk. Sebaiknya dalam menerapkan metode ini Anda harus memperhatikan keamanan selama Anda tidur dengan bayi Anda. Jika seranjang dengan bayi, Ada harus memperhatikan kenyamanan dan risiko bayi Anda tertindih.
Berbagai Jenis Metode Menidurkan Bayi


3. Metode Long Good Bye
Metode menidurkan bayi yang selanjutnya yaitu Metode Long Good Bye. Metode ini menekankan cara agar Anda memiliki batasan secara perlahan pada bayi Anda. Metode ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan aktivitas harian Anda sehingga Anda memiliki waktu yang lebih panjang. Adapun cara yang bisa Anda lakukan dalam menerapkan metode ini  yaitu dengan cara membiasakan bayi Anda untuk dibaringkan di tempat tidurnya hingga mengantuk, ketika si kecil rewel, maka Anda bisa menepuk-nepuknya dengan lembut sehingga bayi Anda kembali tenang.
Bagi anda yang menerapkan metode ini sebaiknya Anda tidak buru buru merespon tangisan namun memberikan waktu sehingga pada saat tangisannya histeris barulah Anda menggendong bayi Anda. Anda bisa melakukan metode ini secara konsisten sehingga menjadi kebiasaan untuk bayi Anda, Namun hal yang harus Anda perhatikan yaitu jangan terburu-buru meninggalkan bayi Anda sendiri, Anda bisa membiasakannya secara perlahan dan sedikit demi sedikit hingga ia terbiasa.

4. Metode Self Soothing
Metode menidurkan bayi yang terakhir yaitu Metode Self Soothing. Metode ini dilakukan dengan cara membiarkan si bayi untuk tidur sendiri dengan membiasakan jadwal tidur dan menenangkannya dengan verbal. Metode ini cocok diterapkan untuk mengatur bayi secara personal agar tetap tenang. Anda bisa mengawalinya dengan ritual yang mendukung metode ini, misal dengan mandi menggunakan air hangat, lampu yang redup dan membaca buku cerita sehingga membuat buah hati Anda tenang. Selanjutnya hal yang tidak kalah penting dalam melakukan metode self soothing yaitu menenangkan dengan suara Anda sendiri sehingga membantunya saat terbangun di malam hari. Anda membutuhkan waktu minimal satu minggu hingga bayi Anda dapat terlelap. Perhatikan daftar lagu yang bisa membuat bayi Anda tenang dan putar dengan volume kecil untuk menjadi pengantar tidurnya.

Cukup sekian penjabaran mengenai Metode-metode Menidurkan Bayi yang bisa Anda terapkan. Apakah metode yang Anda pilih? Apapun metode yang Anda pilih semuanya juga tergantung dengan kebiasaan Anda dan juga bayi Anda. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi kita semua.

Terkait Merawat Bayi Metode Menidurkan Bayi Parenting Lihat Juga

Berbagai Jenis Metode Menidurkan Bayi
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email