Tips Mengatasi Jerawat pada Bayi

Jika pada artikel sebelumnya penulis pernah menyinggung penyebab jerawat pada bayi, pada artikel kali ini penulis memberikan tips mengatasi jerawat pada bayi yang sering terjadi pada bayi yang masih berusia bulanan. Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh sebagian orang tidak terkecuali dengan bayi. Mengapa bayi bisa berjerawat?
Bayi yang baru lahir, kemunculan jerawat di bagian tubuhnya adalah kondisi alami dan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih semala 4 bulan. Jerawat pada bayi bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor hormonal dan juga obat-obatan yang dikonsumsi baik ibu atapun obat bayi itu sendiri.

Tips Mengatasi Jerawat pada Bayi
Mungkin Anda sebagai orangtua akan khawatir bila jerawat itu muncul pada bayi Anda, Untuk itu, kami akan sedikit berbagi tips mengatasi jerawat pada bayi yang mungkin bisa membantu Anda.

1. Bersihkan Wajah Bayi Anda
Cara mengatasi jerawat pada bayi yang pertama yaitu Anda bisa membersihkan wajah bayi. Bersihkan wajah bayi dengan menggunakan air hangat sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Jerawat pada bayi sebenarnya akan hilang dengan sendirinya, yang perlu Anda lakukan yaitu menjaga kulit wajah bayi agar tetap bersih.

2. Menjaga Kebersihan
Jerawat pada bayi dapat diatasi dengan selalu menjaga kebersihan kulit wajah bayi Anda dari bakteri dan keringat agar tidak terjadi iritasi. Mulai dari pakaian, popok, dot hingga dan barang atau perlengkapan bayi lainnya harus terjaga kebersihannya.

3. Hindari Memencet Jerawat Bayi
Hindari memencet atau memecah jerawat pada bayi. Hal ini bertujuan agar mencegah bakteri dan kuman yang terdapat pada tangan Anda sehingga menempel pada kulit wajah bayi. Maka dari itu hindari memencet kulit bayi jika jerawat terdapat pada bayi.
Tips Mengatasi Jerawat pada Bayi

4. Hindari penggunaan Lotion
Salah satu tips mengatasi jerawat pada bayi agar tidak semakin parah ialah dengan menghindari penggunaan lotion, karena sika jerawat sudah terdapat pada bayi, di usahakan untuk menghindari penggunaan lotion pada kulit wajah bayi. Penggunaan lotion berminyak hanya akan membuat jerawat pada bayi makin parah. Penggunaan obat jerawat lotion pada bayi harus dengan seizin dokter. Hal ini perlu diperhatikan agar jerawat pada bayi tidak menjadi semakin parah.

Itulah beberapa informasi tentang Tips Mengatasi Jerawat pada Bayi. Apabila jerawat pada bayi Anda semakin parah, sebaiknya konsultasikan pada dokter spesialis anak ataupun spesialis kulit, untuk mengetahui apakah bayi Anda terindikasi penyakit lain serta memberikan penanganan yang tepat untuk bayi Anda. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terkait Mengatasi Jerawat pada bayi Merawat Bayi Parenting Lihat Juga

Tips Mengatasi Jerawat pada Bayi
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email