Cara Memperbaiki NISN Siswa melalui Online

Cara Memperbaiki /Mengubah Data NISN Siswa melalui Online ~ Seperti yang diketahui, Nomor Induk Siswa atau NISN sifatnya melekat di masing-masing siswa itu artinya NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang dimiliki siswa harus benar-benar valid. Maka dari itu jika salah satu data yang ada pada NISN siswa seperti ; nama siswa, tempat dan tanggal lahir, serta nama ibu kandung ada yang tidak sesuai maka anda harus berkuwajiban memperbaiki ataupun mengubah data NISN yang sudah ada. Artinya bila terdapat kesalahan data NISN masih dapat diperbaiki melalui layanan online Verifikasi dan Validasi (Verval) Peserta Didik (PD) yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Dimana NISN merupakan kode identitas siswa yang bersifat unik/tidak ada yang menyamai dan berlaku seumur hidup, ke depan perkembangan riwayat pendidikan siswa dari masing-masing jenjang pendidikan bisa dengan mudah dipantau secara nasional melalui NISN. Selain untuk fitur untuk memperbaiki NISN Verval PD bukan hanya untuk memverifikasi data NISN melainkan juga untuk pengusulan NISN baru untuk siswa yang belum memiliki NISN.

Adapun prosedur cara memperbaiki NISN Siswa melalui online untuk sekarang ini hanya bisa dilakukan oleh operator sekolah melalui menu Edit Data di laman situs Verval PD. Dokumen yang dibutuhkan adalah untuk perbaikan NISN adalah akta kelahiran, kartu keluarga, atau ijasah yang telah discan dan disimpan dalam format gambar (.png ataupun .jpeg) untuk nantinya digunakan sebagai lampiran dalam merubah / memperbaiki NISN Siswa sebelumnya.

Cara Memperbaiki NISN Siswa melalui Verval PD (Secara Online)
Untuk Memperbaiki ataupun merubah Data NISN Nama Siswa dan Tanggal Lahir Melalui Verval PD, jika data NISN siswa sebelumnya salah langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain;

Cara Memperbaiki NISN Siswa melalui Online

  • Selanjutnya silahkan Login Verval PD menggunakan username serta password yang sama dengan yang digunakan untuk login pada Aplikasi Dapodikdas "hanya bisa dilakukan operator sekolah"
  • Lalu pilih menu Edit Data,>> Pengajuan, kemudian pilih tombol Nama & Tanggal Iahir.
  • Berikutnya klik tombol Pilih Siswa yang akan diubah Nama dan atau Tanggal Iahirnya tersebut. di form ini anda tingga memasukkan Nama dan Tanggal Iahir baru dari siswa itu dengan benar.
  • Klik tombol Select untuk melampirkan dokumen pendukung (Akta Kelahiran atau Kartu Keluarga atau atau ljazah terakhir) dengan format gambar .jpg atau .png.
  • Kemudian klik pada pada tombol Pengajuan Perubahan untuk mengakhiri perintah pengubahan data NISN.

Untuk selanjutnya anda tinggal menunggu konfirmasi persetujuan permohonan perubahan data NISN Siswa dalam waktu maksimal 2 x 24 jam. dan untuk mengetahui informasi persetujuan dari PDSP anda bisa melihanya pada Status, sedangkan perubahan NISN pada Nama dan Tanggal Iahir siswa yang disetujui, dapat dilihat melalui menu Referensi yang ada pada laman Verval PD.

Bila anda siswa dan ingin mengecek NISN Siswa anda bisa membaca artikel sebelumnya yang membahas cara mengecek NISN Siswa melalui internet, semoga berguna.

Terkait NISN Lihat Juga

Cara Memperbaiki NISN Siswa melalui Online
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email