Cara Mudah Mengontrol Perilaku Negatif Anak

Ada perilaku baik pasti ada perilaku buruk, setiap anak memiliki kedua sifat tersebut. Orang tua memiliki peran utama mengontrol setiap perilaku anaknya. Mengontrol anak yang memiliki dominan perilaku baik itu tidaklah sulit anak semacam ini lebih mudah diatur dan diarahkan. Sangat bertolak belakang dengan anak yang memiliki dominan perilaku negatif, perlu kesabaran ekstra untuk mengontrol dan mendidiknya. Seperti yang pernah saya ulas dalam beberapa artikel sebelumnya, bahwa lagi-lagi orang tua lah yang kemudian harus memperbaiki dirinya  terlebih dahulu, karena pada dasarnya anak akan mengikuti apa yang pertamakali ia lihat dan ia dengar.

Selain orang tua yang berpengaruh memberikan perilaku positif dan negatif kepada anak, ada pula beberapa factor yang ikut andil dalam mempengaruhi perilaku anak yaitu diantaranya :
1. Keluarga, memiliki andil yang cukup kuat untuk membentuk perilaku/karakter anak, karena disinilah masa pendidikan anak dimulai.
2. Lingkungan, lingkungan yang buruk memiliki dorongan kuat bagi setiap warganya untuk berperilaku buruk pula dan perlu keteguhan ekstra melindungi keluarga dari pengaruh buruk lingkungan tersebut, dan sebaliknya lingkungan yang baik mendorong setiap warganya untuk berperilaku baik.
3. Tontonan, orang tua banyak dari kita mengetahui tayangan-tayangan TV saat ini, banyak diantaranya yang tidak layak menjadi tontonan anak-anak, oleh karenanya perhatikan tontonan seperti apa yang disukai anak pastikan apa yang dilihat anak adalah tontonan yang baik baginya.
4. Teman, “perumpamaan seorang teman, apabila kita berteman dengan penjual minyak wangi, kita akan mendapati wanginya. Sedangkan apabila berteman dengan seorang pandai besi maka bisa jadi kita akan terkena apinya” mungkin kutipan tersebut cukup mewakili bahwasannya seorang teman sangat berperan dalam mempengaruhi perilaku anak. 

Faktro-faktor diatas sangat umum ada di sekitar kita, dan telah menjadi bagian dari kebutuhan premier seseorang, selain sandang pangan dan papan. Lalu bagaimana orang tua mengontrol prilaku anak, dengan semua faktor yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian anak. Orang tua mulailah mengontrol anak dengan membekali anak pendidikan moral dan akhlak yang continue.

Cara Mengontrol Perilaku Negatif Anak
Berikut beberapa cara mudah mengontrol perilaku negatif anak
1. Berikan rambu-rambu pada anak, sejatinya anak yang memiliki dominan perilaku negatif tidak senang diatur ia akan banyak melanggar nasihat orang tua. Namun orang tua dapat memberikan rambu-rambu pada anak, mana yang boleh dan masih dalam batas wajar, dan berlakukan punishment untuk sekedar membuat anak jera.
2. Mengontrol sesuai keadaan lingkungan, ketika lingkungan baik orang tua tua dapat mengontrol anak cukup dengan megarahkan anak, namun ketika lingkungan buruk ada baik nya anak diberi ruang bermain di rumah dengan begitu orang jauh lebih mudah mengontrol perilaku anak.
3. Perhatikan apa yang menjadi acara TV kesukaannya, acara TV memiliki sifat persuasif dimana setiap pasang mata yang melihat acara di TV apapun itu, baik spontan atau tidak akan membawa penontonnya menjadi seorang plagiat. Oleh karenanya orang tua berilah larangan anak untuk menonton TV dimalam hari.
4. Perhatikan bersama siapa anak berteman, membatasi pertemanan memang tidak dianjurkan namun mengawasi dan mengontrol itu sangat perlu. Cara kontrol yang mudah diterapkan pada hal ini adalah memberikan kesempatan anak untuk membawa teman-temannya bermain bersama dirumah, disitu dapat kita lihat bagaimana anak bergaul dan berperilaku.
5. Berikan edukasi tentang perilaku buruk dan dampaknya, begitupun sebaliknya berikan pula edukasi pentingnya berperilaku baik. Dengan memberikan edukasi yang baik dan agar anak menghindari yang buruk, ini akan menjadi kontrol orang tua kepada anak ketika anak tidak bersama orang tua, baik ketika anak sedang bersekolah ataupun kegiatan lain di luar rumah.

Itu tadi beberapa tips atau cara mengontrol perilaku negatif anak yang bisa Anda perhatikan, untuk mendidik anak Anda menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Dan sebagai orang tua sudah sepantasnya peduli terhadap perilaku anak.

Terkait Cara Mendidik Anak Cara Mengontrol Perilaku Negatif Anak Parenting Lihat Juga

Cara Mudah Mengontrol Perilaku Negatif Anak
4/ 5
Oleh

UPDATE ARTIKEL MELALUI EMAIL

Masukkan email dan klik tombol DAFTAR untuk mendapat artikel terbaru melalui email